Pemprov Kalteng diminta pasang listrik tenaga surya di sejumlah desa

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,listrik tenaga surya,anggota komisi b dprd kalteng,syahruddin durasid

Pemprov Kalteng diminta pasang listrik tenaga surya di sejumlah desa

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Syahruddin Durasid. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Legislator Provinsi Kalimantan Tengah Syahrudin Durasid meminta pemerintah provinsi, menyediakan dan memasang listrik tenaga surya di sejumlah desa yang belum teraliri listrik.

Desa yang perlu segera dipasang listrik tenaga surya yakni Desa Cempaka Baru, Kabupaten Seruyan karena sejak Indonesia merdeka sampai sekarang belum ada listrik, kata Syahruddin di Palangka Raya, Jumat.

"Masyarakat di desa Cempaka Baru sudah sangat lama mengharapkan dan meminta adanya aliran listrik, tapi ya sampai sekarang tak kunjung terpenuhi. Kami prihatin dengan kondisi itu," tambahnya.

Anggota Komisi B DPRD Kalteng itu mengaku pihaknya sudah berkali-kali menyarankan kepada Pemprov agar menyediakan listrik tenaga surya, sebagai upaya mengurangi jumlah desa yang belum teraliri listrik.

Dia mengakui listrik tenaga surya memiliki kelemahan, yakni memerlukan perawatan yang ekstra. Namun, kondisi tersebut bisa diatasi dengan memberikan penyadaran kepada masyarakat setempat untuk bersama-sama melakukan perawatan.

"Jika memang masyarakat dianggap tidak terlalu optimal melakukan perawatan, ya Pemerintah bisa membentuk tim. Tim itu lah nantinya akan bertugas memantau sekaligus melakukan perawatan secara berkala kepada listrik tenaga surya itu," kata Syahruddin.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan menyebut, listrik tenaga surya sudah cukup banyak dipasang di Kabupaten Kapuas dan sejauh ini belum ada masalah yang vital.

Dia mengatakan masyarakat sekitar yang dipasangi listrik tenaga surya tersebut pun ikut melakukan perawatan. Untuk itu, pengalaman yang di Kabupaten Kapuas bisa diterapkan di kabupaten lain.

"Terpenting itu bagaimana Pemprov punya niat untuk menyediakan dan memasang listrik tenaga surya," demikian Syahruddin.