SOPD Bartim diminta optimalkan serapan anggaran 2019

id Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh ,SOPD Bartim diminta optimalkan serapan anggaran 2019

SOPD Bartim diminta optimalkan serapan anggaran 2019

Wabup Bartim Habib Said Abdul Saleh Al Qadry (kiri) menyapa dan menyalami sekaligus memberi support kepada ASN untuk bekerja maksimal dalam acara Musrenbang RPJMD. (Foto Antara Kalteng/Habibullah).

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadry meminta seluruh satuan organisasi perangkat daerah di lingkup pemerintah daerah setempat untuk memaksimalkan penyerapan anggaran tahun 2019, sebagaimana rencana dan target penyerapan anggaran.

"Semua satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) sudah mengetahui target serapan anggaran triwulan I,II,III dan IV. Setelah daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) diterima masing-masing SOPD, maka harus ada rencana kegiatan penyerapan anggaran," ucap Habib Saleh di Tamiang Layang, Senin.

Orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu  juga meminta SOPD yang akan melaksanakan program dan kegiatan melalui pihak ketiga terutama kegiatan yang menyangkut pembangunan fisik, agar membuat perencanaan atau jadwal kegiatan untuk proses lelang sesuai dengan Rencana Umum Pengadaan (RUP) yang sudah dimasukkan ke dalam Sistem RUP tahun 2019.

Semua SOPD sedang melakukan proses awal pengadaan barang dan jasa, mulai dari pemaketan, penyusunan dan pengumuman RUP. Saat ini baru ada beberapa SOPD yang mengumumkan rencana umum pelelangannya.

Bagi SOPD yang belum, Habib Saleh mengharapkan segera menyusun target rencana umum pelelangan pada bulan Januari ini dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pelelangan (SIRUP).

Menurutnya, perlu komitmen yang tinggi dan kerja keras bersama-sama agar target serapan anggaran bisa terlaksana dengan baik dan terukur.

Penyerapan anggaran dari masing-masing perangkat daerah agar benar-benar dioptimalkan sebagai upaya mengurangi sisa lebih perhitungan anggaran dari APBD di tahun ini.

"Hal ini juga telah disampaikan Gubernur Kalteng melalui video conference tentang kikc off penandatangan pengadaan barang dan jasa agar pelaksanaan pembangunan berjalan serentak," katanya.

Tujuannya, agar terlaksananya penyerapan anggaran yang baik dan terukur supaya pembangunan yang dilaksanakan sesuai jadwal pelaksanaan bisa menciptakan efesiensi dan efektifnya anggaran yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hal ini demi mewujudkan Barito Timur sehat, cerdas dan sejahtera dengan pemerintahan yang amanah, demikian Habib Saleh.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar