Gubernur minta pemerintah kabupaten/kota optimalkan semua potensi daerah

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,gubernur kalteng,sugianto sabran,potensi kalteng

Gubernur minta pemerintah kabupaten/kota optimalkan semua potensi daerah

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng, menggali dan mengoptimalkan seluruh potensi yang dimiliki daerah masing-masing.

Optimalisasi semua potensi tersebut sangat penting agar pertumbuhan ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD) mengalami peningkatan yang signifikan, kata Sugianto di Palangka Raya, kemarin.

"Mempercepat kemajuan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat, memerlukan dana yang tidak sedikit. Untuk itu, dibutuhkan pengoptimalan berbagai potensi yang dimiliki agar anggaran semakin banyak," ucapnya.

Orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu mengingatkan, sektor pariwisata merupakan salah satu potensi yang perlu mendapat perhatian serius dari pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng.

Sugianto mengatakan potensi pariwisata di berbagai kabupaten/kota tidak kalah dengan daerah lainya. Misal di Kabupaten Kotawaringin Barat, ada Taman Nasional Tanjung Puting, Gosong Senggora, dan sebagainya.

"Di Kabupaten Kotawaringin Timur ada Pantai Ujung Pandaran, di Palangka Raya ada Kereng Bangkirai, Taman Nasional Sembangau, wisata susur sungai dan sebagainya. Jadi cukup banyak potensinya yang bisa dioptimalkan," beber dia.

Pertanian dan perkebunan juga harus diperkuat selain sektor pariwisata. Sejumlah kabupaten di Kalteng dianggap potensial dan mampu mengembangkan produk pertanian seperti perkebunan kopi, kakao, tebu, dan lainnya.

Langkah pengembangan ini sekaligus mengurangi ketergantungan petani Kalteng yang masih mengandalkan karet dan rotan. Sehingga ketika terjadi krisis secara global, diharapkan komoditi-komoditi lainnya masih bisa sanggup bertahan.

"kalau terjadi krisis secara global, harga batubara turun, harga sawit turun, karet turun, rotan turun, namun komoditi-komoditi lain diharapkan masih bisa sanggup bertahan. Ini yang saya harapkan dengan ekonomi Kalteng," demikian Sugianto.