KP2KP Buntok gelar pemilihan Duta Pajak dan audisi Got Talent 2019

id KP2KP Buntok gelar pemilihan Duta Pajak,KP2KP Buntok ,audisi Got Talent 2019,Kepala KP2KP Buntok, Widanarko

Ilustrasi. (Foto Antara Kalteng/Ronny NT)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kantor Pelayanan Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Buntok, Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan pemilihan duta pajak, dan audisi Got Talent 2019.

"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 15 pasang finalis duta pajak, dan 15 peserta yang mengikuti audisi Got Talent," kata Kepala KP2KP Buntok, Widanarko, di Buntok, Selasa.

Ia menjelaskan, untuk finalis duta pajak ini berasal dari delapan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), sedangkan peserta yang mengikuti audisi Got Talent berasal dari pelajar, dan masyarakat di wilayah setempat.

Ia mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan bagaimana kita bisa bersinergi bersama dengan dunia pendidikan, dari dinas terkait dengan KP2KP Buntok untuk mewujudkan sadar pajak.

"Oleh karena itu kita merangkul semua partisipasi dari masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini," kata Widanarko.

Ia berharap melalui kegiatan ini pihaknya dapat bersinergi dengan masyarakat agar sadar pajak yang dimulai dari pelajar.

Pihaknya berharap, para peserta ini selain bisa menjadi pegawai pajak, pelaku ekonomi yang menggerakkan ekonomi di Barito Selatan ini sehingga endingnya pengamanan penerimaan pajak tercapai.

Selain itu, ia juga mengimbau seluruh wajib pajak di wilayah setempat agar melaporkan SPT Tahunan, dan PPh OP pada 2018 sebelum 31 Maret 2019.

"Hal tersebut mengingat, awal 2019 merupakan periode pelaporan surat pemberitahuan pajak penghasilan," kata dia.

Baca juga: Wajib pajak di Barsel diminta segera laporkan SPT tahunan sebelum akhir Maret

Ia juga mengimbau agar pemberi kerja/bendaharawan agar memberikan bukti pemotongan 1721 A1/A2, karena bukti pemotongan 1721 A1/A2 merupakan dasar pengisian SPT PPh Tahunan oleh Wajib Pajak Orang Pribadi, dan pelaporan SPT Tahunan 2018 PPh OP melalui e-filling bagi ASN berdasarkan bukti potong 1721-A2, dan 1721 A1 untuk karyawan swasta.

"Kita memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh bendahara di Kabupaten Barito Selatan yang telah membuat, dan menyampaikan bukti potong 1721-A2 kepada masing-masing ASN diawal Januari 2019.

"Ini tentunya mempermudah, dan mempercepat bagi ASN di Barito Selatan ini dalam menyampaikan pelaporan SPT Tahunan Orang Pribadi (OP)nya," tambah Widanarko.

Baca juga: Hutang pajak tak dibayar, ini sanksinya

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi Nomor SE-08/2015 menyatakan bahwa seluruh ASN, anggota TNI, dan Polri Wajib melaporkan SPT Tahunan Menggunakan e-Filing. Selain itu, diharapkan para pemberi kerja/pengusaha di Barsel secepatnya membuatkan bukti potong 1721-A1 kepada karyawan yang menjadi modal dalam pelaporan SPT Tahunan PPh OP dengan menggunakan form 1770 S.

Penyampaian SPT Tahunan itu juga kata dia, dapat dilakukan dengan menyampaikan langsung ke Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KPP atau KP2KP terdekat, baik melalui pos/ jasa ekspedisi/ kurir yang ditujukan ke KPP terdaftar, baik secara elektonik melalui laman DJP Online (web-filing, upload e-SPT atau Eform).

"Kepedulian, dan peran aktif masyarakat yang terdaftar sebagai wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya sangat menentukan dalam kemandirian pembangunan bangsa," kata Widanarko.

Pantauan Antara, kegiatan pemilihan duta pajak, dan Got talent tersebut berlangsung ditaman Iring Witu Buntok.

Sejumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah dengan tampil secara maksimal dihadapan dewan juri.

Baca juga: Ini peringatan KP2KP Buntok kepada Bendahara SOPD

Baca juga: Budaya sadar pajak harus ditanamkan sejak dini

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar