Apdesi Barito Utara diminta dapat berkontribusi bagi pemerintah desa

id apdesi barito utara,bupati barito utara,dinas sosial pmd barito utara

Apdesi Barito Utara diminta dapat berkontribusi bagi pemerintah desa

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyematkan pin Apdesi kepada ketua Apdesi Barito Utara periode 2019-2024 usai pengukuhan, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Jumat. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Bupati Barito Utara, Kalteng, H Nadalsyah meminta peranan Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) kabupaten setempat diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memberikan manfaat bagi pemerintahan desa.
    
"Keberadaan dan terbentuknya Apdesi Cabang Barito Utara dapat memberikan manfaat bagi pemerintah desa khususnya, mengingat beban tanggung jawab yang diemban oleh desa dalam mengelola keuangan desa semakin meningkat dari tahun ketahun," kata Bupati H Nadalsyah  menghadiri pengukuhan pengurus DPC Apdesi Kabupaten Barito Utara periode 2019-2024, di Muara Teweh, Jumat.
    
Menurut Nadalsyah, sebagai konsekuensi atas baru terbentuknya organisasi serta baru terpilihnya susunan dewan pengurus hendaknya seluruh DPC serta seluruh anggota Apdesi di daerah ini  mempelajari dan memahami betul peran dan fungsi organisasi sebagaimana yang di tuangkan dalam baik anggaran dasar maupun kebijakan atau program kerja dewan pimpinan pusat dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kalteng.
    
Selain itu senantiasa solid dalam mengkonsolidasi organisasi dalam rangka membangun kemitraan yang baik antara pemerintah daerah dengan pemerintahan desa. 
    
"Diharapkan organisasi yang dibentuk betul-betul dapat dijadikan wadah atau forum bagi pemerintah desa se-Kabupaten Barito Utara untuk pertukaran informasi, forum evaluasi tata kelola pemerintahan desa serta forum untuk menyampaikan rekomendasi Apdesi kepada pemerintah daerah terkait hal-hal strategis pembangunan di pedesaan, katanya.
    
Bupati juga meminta khusus kepada segenap DPC Apdesi Barito Utara kiranya dalam menyusun program kerja harus realistis, terukur dan implementatif dan tidak bertentangan dengan kebijakan organisasi secara nasional serta memperhatikan kebijakan dan regulasi yang ada dilingkup pemerintah daerah barito utara.
    
Diharapkan agar Apdesi daerah ini juga dapat berperan dalam mendorong kepada seluruh pemerintah desa untuk dapat segera menyampaikan laporan penyelenggaraan pemerintahan desa (LPPD), SPj alokasi dana desa (ADD), dana desa (DD) dan dana bantuan keuangan (DBK) serta laporan semester akhir pelaksanaan APBDes.
    
"Selain itu juga segera untuk melaksanakan penyusunan rencana kerja pembangunan (RKP) dan rancangan APBDes tahun anggaran 2019 yang sangat prioritas sesuai hasil musyawarah desa masing-masing dalam rangka percepatan pembangunan desa di wilayah Kabupaten Barito Utara. Semoga keberadaan APDESI dapat memberikan manfaat bagi desa-desa di Barito Utara untuk lebih maju lagi," ujarya.
    
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Eveready Noor menambahkan Apdesi merupakan wadah konsolidasi  dan pemersatu para kepala desa terkait tugasnya sebagai pelaksana pemerintahan desa.
   
"Kita harapkan Apdesi dapat bekerjasama dengan baik dengan pemerintah daerah guna pembangunan desa setempat," kata Eveready Noor.