Pemprov Kalteng terus lengkapi fasilitas penunjang smart city

id smart city,kalteng,diskominfo,cctv,palangka raya,teknologi

Pemprov Kalteng terus lengkapi fasilitas penunjang smart city

Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri (tengah) bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng Herson B Aden (kanan) dan pejabat lainnya saat memantau perkembangan di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng melalui fasilitas yang ada di gedung Smart Province Kalteng, Palangka Raya, Jumat, (1/2/2019). (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

...kami bisa memantau perkembangan, pergerakan dan kejadian yang ada di seluruh kabupaten/kota
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berbenah dan melengkapi fasilitas yang dimiliki dalam rangka pengembangan 'smart city'.

"Dengan teknologi yang ada saat ini, kami bisa memantau  perkembangan, pergerakan dan kejadian yang ada di seluruh kabupaten/kota," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri saat mengunjungi gedung Smart Province Kalteng di Palangka Raya, Jumat.

Kunjungan ini, untuk melihat kemajuan pembangunan kantor yang masih tahap pengerjaan. Rencananya gedung ini akan dilengkapi fasilitas data center, command center, video conference dan pusat layanan informasi publik.

Fahrizal menjelaskan, wilayah Kalteng sangatlah luas sehingga diperlukan peralatan canggih dan modern untuk memantau setiap daerah dalam waktu yang bersamaan.

Fasilitas yang ada pada gedung Smart Province Kalteng harus bisa dimanfaatkan secara maksimal, pemantauan tidak hanya dilakukan operator namun juga oleh pimpinan secara berkala terhadap perkembangan kabupaten/kota.

"Misalnya terjadi demo di wilayah strategis, pantauan dapat kami lakukan dari jauh sekaligus merekam setiap kejadian. Bahkan kejadian-kejadian sebelumnya dapat kita lihat kembali karena adanya data yang tersimpan," ungkapnya.

Menurutnya bangunan maupun ruangan di dalamnya baru sebagian yang selesai, kedepan harus dilanjutkan kembali dan dikembangkan lebih luas lagi.
 
Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng Herson B Aden meninjau gedung Smart Province Kalteng, Palangka Raya, Jumat, (1/2/2019). (Foto Diskominfo Kalteng)


Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kalteng Herson B Aden mengatakan, saat ini terpasang hampir 100 unit kamera tersembunyi atau CCTV (closed circuit television) yang tersebar di kabupaten/kota se-Kalteng.

"CCTV yang ada saat ini terpasang di tempat-tempat strategis, seperti fasilitas umum, tempat pelayanan pemerintah hingga lokasi dengan tingkat keramaian yang tinggi," terangnya kepada awak media.

Sesuai arahan Gubernur Kalteng, tahun depan peningkatan fasilitas akan difokuskan di Palangka Raya hingga pelayanannya menjadi lebih optimal. Penyiapan CCTV tidak hanya dilakukan pihaknya, namun juga oleh pemerintah kabupaten/kota.