Prioritaskan putra daerah menjadi P3K di Kalteng

id P3k,Tenaga kontrak,Sekda,Kalteng,Putra daerah,Abdi negara

Prioritaskan putra daerah menjadi P3K di Kalteng

Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri (tengah) saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menginginkan agar penerimaan atau pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) memprioritaskan putra-putri daerah.

"Mengenai penerimaan ini sudah ada sosialisasi dan kami sudah bersurat kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) agar nantinya yang mengisi formasi ini adalah warga Kalteng," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Sabtu.

Diprioritaskannya warga Kalteng bertujuan untuk mengakomodir putra-putri daerah untuk mengisi formasi yang tersedia nantinya, agar mereka terlibat secara langsung dalam kegiatan pembangunan di daerah.

Fahrizal mengharapkan Kalteng mendapatkan kuota P3K yang cukup tinggi, sehingga jumlah tenaga kontrak dapat berkurang. Menurutnya status P3K jauh lebih baik dibandingkan tenaga kontrak jika dibandingkan dari sisi manapun.

"Tenaga kontrak sebenarnya adalah tenaga yang diperlukan dengan jangka waktu per tahun, sementara P3K selain memiliki keunggulan dalam sistem kerjanya juga memiliki penghasilan lebih tinggi dan disertai tunjangan," paparnya kepada Antara Kalteng.

Hingga saat ini teknis pelaksanaan mengenai penerimaan atau pengangkatan P3K belum diatur dan masih menunggu informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat. Ia meminta kepada semua pihak bersabar dan menunggu informasi selanjutnya tentang penerimaan P3K.

Jika pemprov sudah mendapatkan informasi mengenai teknis pelaksanaan, kuota dan hal lainnya maka akan segera diumumkan kepada publik.

"Tenang saja, jika informasi lengkap berupa teknis pelaksanaan dan hal lainnya sudah kami terima, maka akan segera kami tindaklanjuti dengan mengumumkannya kepada masyarakat secara terbuka," demikian Fahrizal.

Sesuai kebijakan pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, P3K dapat mengisi jabatan fungsional dan jabatan pimpinan tinggi tertentu sesuai kompetensinya.

Nantinya diharapkan putra-putri terbaik Kalteng diterima dan menjadi P3K. Dengan demikian mereka dapat mengabdikan dirinya kepada daerah dan memacu pembangunan sesuai keahlian yang dimiliki.