Anak asal Gumas yang terkena penyakit langka akhirnya meninggal dunia

id Anak penyakit langka di Gumas meninggal,penyakit langka akhirnya meninggal dunia ,Gunung Mas,Kuala Kurun, Anak asal Gumas yang terkena penyakit langka

Anak asal Gumas yang terkena penyakit langka akhirnya meninggal dunia

Ravin Gracio Djawa saat dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusomo Jakarta. (Ist)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Ravin Gracio Djawa (4), anak pasangan Rudolf Y Djawa (35) dan Silviana Nurut (31), warga Kelurahan Kuala Kurun, Kecamatan Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, yang mengidap penyakit Disregulasi Imun, Polyendocrinopathy, Enteropati, X-Linked (IPEX) Syndrome meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusomo Jakarta, Senin (4/2/2019).

Kabar duka meninggalnya Cio, panggilan Ravin Gracio Djawa, disampaikan oleh Irnawati (29), teman dari Silviana Nurut. "Cio menghembuskan nafas terakhirnya subuh pagi tadi, tepatnya pada pukul 02.30 WIB," ucap Irnawati saat dihubungi dari Kuala Kurun.

Dia menyampaikan ucapan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Cio. Dia juga berharap keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan ketabahan. "Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua," kata Irnawati.

Baca juga: KIM Gumas galang dana untuk anak terkena penyakit langka

Terpisah, Silviana Runut mengatakan bahwa rencananya jenazah Cio akan dibawa ke rumah duka di jalan Antang Kalang 5 Nomor 32, Palangka Raya, Kalteng pada Selasa (5/2/2019). Cio akan disemayamkan di TPU Kristen Km 2,5 Palangka Raya. Sedangkan untuk waktu penyemayaman saat ini masih dirundingkan.  

Dia juga menyampaikan ucapan terimakasih sedalam-dalamnya kepada seluruh pihak yang selama ini telah memberi dukungan, perhatian dan peduli kepada Cio. "Terimakasih atas dukungan doanya. Tuhan memberkati kita semua," kata Silviana.

Untuk diketahui, IPEX Syndrome adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini sangat jarang terjadi di Indonesia. Akibatnya, Cio juga menderita Diabetes Melitus (DM) Type 1 dan organ tubuhnya seperti usus bermasalah karena tidak bisa mencerna serta menyerap gizi dengan baik sehingga menyebabkan diare kronis yang tidak kunjung berhenti dan juga berat badannya yang turun naik tidak stabil.