Benarkah pil KB bisa bikin payudara makin besar?

id pil kb,payudara,makin besar,alat kontrasepsi

Benarkah pil KB bisa bikin payudara makin besar?

Ilustrasi (net)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pil KB termasuk alat kontrasepsi yang banyak digunakan oleh wanita di berbagai belahan negara dunia. Pil KB cukup efektif untuk mencegah kehamilan dengan cara menghambat ovulasi, memperbanyak serta mengentalkan lendir serviks, dan menipiskan lapisan rahim agar tak mudah dibuahi.

Katanya, minum pil KB membuat payudara sebagian wanita membesar. Hal ini disebabkan oleh kandungan dua hormon utama yaitu estrogen dan progestin (progesteron buatan). Estrogen termasuk hormon yang sangat berperan untuk perkembangan payudara selama pubertas.

Nah, ketika Anda minum pil KB, kadar hormon estrogen di dalam tubuh juga semakin bertambah. Akibatnya, ukuran payudara pun ikut membesar. Namun, efeknya ini hanya bersifat sementara, tidak permanen. Biasanya, ukuran payudara akan kembali normal setelah beberapa minggu atau bulan pasca menghentikan minum pil KB.

Selain karena hormon, pil KB juga bisa membuat seseorang mengalami perubahan ukuran payudara karena ada penumpukan cairan. Hal ini dipicu oleh perubahan kadar hormon estrogen di dalam tubuh yang memengaruhi produksi protein tertentu di ginjal. Akibatnya, tubuh menahan cairan lebih banyak dari biasanya.

Cairan yang tertumpuk ini kemudian merembes ke sel-sel lemak. Dikarenakan wanita cenderung menyimpan lebih banyak lemak di pinggul, paha, dan payudara maka bagian inilah yang kemudian terlihat lebih besar dari biasanya.

sumber:hellosehat