Bupati Nadalsyah terima hasil evaluasi Sakip dari MenpanRB

id evaluasi sakip barito utara,bupati nadalsyah,mendagri,menpanrb syafruddin,menyerahan hasil evaluasi sakip di banjarmasin

Bupati Nadalsyah terima hasil evaluasi Sakip dari MenpanRB

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menerima hasil evaluasi Sakip dari Menpan RB Syafruddin di Banjarmasin, Rabu. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Banjarmasin (Antara)- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Syafruddin menyerahkan hasil evaluasi pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diterima Bupati Barito Utara,Kalteng,H Nadalsyah beserta sejumlah kepala daerah lainnya.
    
Kegiatan penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah II (Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung) 2018 ini digelar di Neptunus Ballroom Golden Tulip Galaxy Hotel Banjarmasin, Rabu.
    
Acara yang dibuka secara resmi oleh Menteri PAN dan RB ini dihadiri Gubernur/Wakil Gubernur se-Kalimantan, Sekretaris Jendral Kemendagri, Kapolda Kalsel, para Bupati, Walikota, Sekretaris Daerah, Inspektur, Kepala Bappeda, serta Kepala Bagian Organisasi dari Bali, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Lampung serta Tim Asistensi dari berbagai perguruan tinggi.
    
Dalam sambutannya, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo menyoroti persoalan Pemda yang masih menanggung pembayaran BPJS, alokasi anggaran dari pajak yang belum dikembalikan untuk pembangunan infrastruktur, dan persoalan lainnya. 
    
"Dengan SAKIP, pemerintah daerah dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat sasaran. Kerja sama antar daerah dalam program unggulan daerah untuk dapat dilaksanakan," harap Hadi Prabowo. 
    
Lebih lanjut, dengan Program SAKIP pendampingan, pengamanan, dan evaluasi kinerja pemerintah daerah dapat dilaksanakan dan dinilai.
    
Menteri PANRB Syafruddin  menyatakan bahwa hasil evaluasi SAKIP dari tahun ke tahun semakin baik. Melalui SAKIP, paradigma kinerja pemerintah dipompa. Bukan lagi sekedar melaksanakan program kegiatan yang dianggarkan tetapi melaksanakan dengan cara yang efektif dan efisien berbasis pada sasaran serta anggaran diberikan untuk kegiatan-kegiatan pada program prioritas. Selama ini, anggaran dipakai tidak tetap sasaran. 
    
"SAKIP menjadi berlian dan permata untuk sistem pemerintah daerah dalam melaksanakan program dan kegiatan prioritas," jelas Syafruddin.
    
Sementara Bupati Barito Utara H Nadalsyah mengimbau kepada seluruh perangkat daerah agar dapat memaksimalkan lagi kinerja yang selama ini telah terlaksana dengan baik. Diharapkan dengan adanya peningkatan dalam pelaksanaan kinerja yang mengacu kepada uraian tugas dari tugas pokok dan fungsi seluruh perangkat daerah akan menjadikan Pemerintah Kabupaten Barito Utara optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik sesuai standar pelayanan dan aturan serta ketentuan yang berlaku. 
    
"Agar nantinya, seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara dalam bekerja dengan berbasis kinerja yang lebih baik lagi pada tahun-tahun selanjutnya," tegas Bupati yang didampingi Sekda Jainal Abidin.