Pemkab Kotim kembali meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja predikat B

id Pemkab Kotim kembali meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja predikat B,Kotawaringin Timur,Sampit,Wakil Bupati,Taufiq Mukri

Pemkab Kotim kembali meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja predikat B

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri menerima penghargaan yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin didampingi Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo di Banjarmasin, Rabu (6/2/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, kembali meraih penghargaan Akuntabilitas Kinerja dengan predikat B atas peningkatan kinerja yang dicapai secara terukur selama 2018.

"Alhamdulillah Kotawaringin Timur berhasil meraih penghargaan itu. Ini menjadi kebanggaan sekaligus tanggung jawab mempertahankan, bahkan meningkatkannya," kata Sekretaris Daerah Halikinnor di Sampit, Rabu.

Penyerahan penghargaan itu dilaksanakan di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin didampingi Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo kepada Wakil Bupati HM Taufiq Mukri.

Dijelaskan, penghargaan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur diberikan atas prestasinya dalam Akuntabilitas Kinerja tahun 2018 dengan predikat nilai B. Kotim berhasil mampu mempertahankan predikat nilai B, bahkan poin nilainya meningkat.

Penilaian menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingkan dengan capaian kinerjanya, kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi hasil pada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur menunjukkan hasil yang baik.

Peningkatan kinerja terukur dalam perbandingan pada capaian tahun 2017 dan 2018. Nilai hasil evaluasi sebesar 60,03 pada 2017 menjadi 61,40 pada 2018. Sedangkan tingkat akuntabilitas kinerja pada 2017 dan 2018 mampu bertahan pada nilai B.

Secara rinci, nilai yang berhasil diraih Kotawaringin Timur selama 2018 yaitu perencanaan kinerja naik dari 20,09 menjadi 20,98 poin, pengukuran kinerja 13,82 menjadi 14,32 poin, pelaporan kinerja 9,70 menjadi 10,08 poin, evaluasi internal 5,42 turun menjadi 5,02 poin dan capaian kinerja tetap 11,00 poin.

Penghargaan ini menggembirakan karena tidak semua daerah mampu mendapatkannya. Selain itu, penghargaan ini juga menunjukkan bahwa kinerja dan pengelolaan anggaran oleh Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur terbukti akuntabel dan menunjukkan hasil yang akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.

Halikinnor mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur untuk meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. Sebagai abdi negara, setiap ASN harus cepat tanggap membantu menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.

Halikinnor juga berterima kasih atas dukungan seluruh ASN yang bekerja keras dalam menjalankan roda pemerintahan. Tanpa dukungan seluruh ASN dan masyarakat, program pembangunan tidak akan berjalan optimal.