Kotim lebih siap jadi tuan rumah Porprov Kalteng

id Kotim lebih siap jadi tuan rumah Porprov Kalteng,Kotawaringin Timur,KONI,Sampit,Raihansyah,Olahraga

Kotim lebih siap jadi tuan rumah Porprov Kalteng

Kontingen Kotim saat diberangkatkan ke Porprov Kalteng di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara pada Oktober 2018 lalu. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kabupaten Kotawaringin Timur dinilai lebih siap menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah tahun 2022 nanti dibanding daerah lain yang juga mengajukan diri menjadi tuan rumah.

"Saat ini mungkin 60 persen fasilitas olahraga yang dibutuhkan itu sudah tersedia. Jadi jika diputuskan Kotawaringin Timur yang menjadi tuan rumah Porprov maka tinggal menambah fasilitas yang kurang dan itu masih cukup waktu," kata Wakil Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Raihansyah di Sampit, Kamis.

Menurut Raihansyah, fasilitas olahraga di Kotawaringin Timur sudah memadai. Bahkan pemerintah daerah sedang membangun fasilitas tambahan yaitu sirkuit balap motor dan lainnya. Jika masih ada yang kurang, masih cukup waktu untuk dibangun dan dipersiapkan sebelum pelaksanaan Porprov Kalteng tahun 2022 nanti.

Sarana pendukung lainnya seperti hotel, juga jauh lebih banyak dan lengkap dibanding daerah lain. Dengan jumlah hotel yang ada saat ini, Raihansyah yakin tidak ada kontingen yang sampai harus diinapkan di rumah warga atau tempat lainnya yang kurang nyaman.

Kotawaringin Timur juga akan menjadi tempat menarik bagi kontingen dari seluruh kabupaten dan kota yang datang nantinya. Karena selain bertanding, kontingen juga bisa menikmati berbagai objek wisata dan hiburan, khususnya di Sampit yang jauh lebih lengkap, bahkan terbilang terbesar dibanding daerah lainnya di Kalimantan Tengah.

Posisinya yang strategis membuat Kotawaringin Timur mudah dijangkau oleh kontingen dari seluruh kabupaten dan kota. Hal ini juga menjadi pertimbangan bagi daerah lain dalam menentukan jumlah anggota kontingen yang akan diikutsertakan.

"Kita bicara fakta karena fasilitas olahraga dan sarana pendukung lainnya, Kotawaringin Timur memang jauh lebih siap dibanding daerah lain. Silakan saja dibandingkan, misalnya dengan Pangkalan Bun. Kalau semua melihat fakta ini secara jujur, kami yakin Kotawaringin Timur sangat tepat menjadi tuan rumah Porprov Kalteng tahun 2022," tambah Raihansyah.

KONI Kotawaringin Timur sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah Porprov Kalteng 2022. Berbagai kelengkapan administrasi pun sudah disiapkan sebagai bentuk keseriusan daerah ini menjadi tuan rumah hajatan besar tersebut.

"Harapan besar saya kepada pengurus baru KONI Kotawaringin Timur yang dibentuk nantinya untuk memperjuangkan supaya Kotawaringin Timur dipilih menjadi tuan rumah Porprov nanti. Pengurus KONI yang baru nanti diharapkan memaparkan secara jelas agar KONI dan pemerintah provinsi benar-benar yakin," harapnya.

Selain target menjadi tuan rumah, harapan besar masyarakat Kotawaringin Timur dalam Porprov nanti adalah peningkatan prestasi. Saat Porprov 2018 lalu Kotawaringin Timur berada di peringkat tiga, sedangkan pada Porprov 2022 nanti diharapkan mampu menjadi juara umum.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar