Iklim investasi kondusif picu investor berdatangan bangun hotel di Sampit

id Iklim investasi kondusif picu investor berdatangan bangun hotel di Sampit,Kotawaringin Timur,Kotim,Investasi,Perekonomian,Halikinnor

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan iklim investasi yang kondusif di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, membuat investor berdatangan berinvestasi ke daerah ini, di antaranya di sektor perhotelan.

"Saat ini ada investor dari Surabaya yang akan membangun hotel berbintang di Sampit. Mudah-mudahan tahun 2019 ini mulai dibangun," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Senin.

Menurut Halikinnor, terus bertambahnya hotel di Sampit menunjukkkan Kotawaringin Timur merupakan daerah yang sangat menjanjikan untuk tempat berinvestasi. Hal itu tidak berlebihan karena kabupaten ini merupakan daerah dengan jumlah penduduk, APBD, pertumbuhan ekonomi dan penyumbang produk domestik regional bruto atau PDRB tertinggi di Kalimantan Tengah.

Jika investor berani membangun hotel berbintang di Sampit, padahal saat ini sudah ada hotel berbintang di kota ini, menunjukkan potensi perekonomian daerah ini diperkirakan akan terus meningkat. Investor tidak akan sembarangan dalam berinvestasi, apalagi dalam jumlah besar. 

Investor dipastikan sudah mengkaji potensi perekonomian Kotawaringin Timur dan prediksi keuntungan yang akan didapat, hingga mereka memutuskan berinvestasi di kabupaten ini. Hal ini juga menjadi pertanda positif bagi daerah dan masyarakat karena kehadiran investasi diharapkan akan membawa dampak positif.

Hotel berbintang tersebut rencananya dibangun di Jalan MT Haryono Barat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Kehadiran hotel itu nantinya diyakini akan memicu tumbuhnya aktivitas ekonomi baru di kawasan tersebut.

"Saat ini permohonan izinnya sedang diproses di TKPRD (Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah) agar sesuai tata ruang kota. Mudah-mudahan saja lancar dan cepat terwujud," harap Halikinnor.

Masuknya investasi akan membawa dampak ikutan lainnya yang positif bagi masyarakat dan daerah, seperti penyerapan tenaga kerja secara langsung, tumbuhnya usaha masyarakat di sekitar lokasi investasi serta kontribusi investor terhadap pendapatan asli daerah Kotawaringin Timur.

Kehadiran hotel-hotel baru sejalan dengan tekad pemerintah menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata di Kalimantan Tengah. Keberadaan hotel sangat dibutuhkan bagi wisatawan yang datang ke daerah ini.

Makin banyaknya hotel juga berdampak positif terhadap persiapan Kotawaringin Timur jika dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah pada tahun 2022 nanti. Hal itu untuk memastikan agar seluruh kontingen tertampung dengan baik sehingga mereka merasa nyaman.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar