Bupati Lamandau dukung pengembangan seni dan budaya daerah

id lamandau,kalteng,kalimantan tengah,seni,budaya,sematu jaya,hendra lesmana

Tarian daerah yang ditampilkan ketika puncak peringatan HUT ke-14 Kecamatan Sematu Jaya, Kabupaten Lamandau, di halaman kantor kecamatan setempat, Senin (11/2/19) (Foto Antara Kalteng/Koko Sulistyo)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Bupati Lamandau Kalimantan Tengah, Hendra Lesmana memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan seni dan budaya asli daerah di tiap kecamatan maupun desa.

Salah satunya yang dilakukan oleh masyarakat serta pemerintah Kecamatan Sematu Jaya, diusianya yang ke-14 tahun telah mampu merawat khazanah budaya dan tradisi daerah yang hidup serta berkembang di masyarakat yang majemuk, katanya usai menghadiri puncak peringatan HUT ke-14 Kecamatan Sematu Jaya di halaman kantor kecamatan setempat, Senin.

"Ditengah tantangan globalisasi, Kecamatan Sematu Jaya mampu menjaga dan mengembangkan seni, budaya serta tradisi daerah dengan baik," paparnya kepada Antara Kalteng.

Penilaian orang nomor satu di Bumi Bahaum Bakuba tersebut bukan tanpa alasan, sebab selama ini masyarakatnya hidup rukun dan damai dalam ragam budaya dan tradisi berbeda. Masyarakat di kecamatan ini terdiri dari 12.600 jiwa, terbagi dalam 8 desa yang meliputi 6 desa eks transmigrasi dan 2 desa lokal.

Meskipun dalam perbedaan, mereka mampu hidup berdampingan dan memanfaatkannya untuk menciptakan satu keunikan ragam budaya di Lamandau.

"Sejujurnya saya kagum dengan masyarakat di sini. Rangkaian kegiatan seni dan budaya yang sudah digelar selama satu minggu terakhir merupakan bukti kekayaan yang dimiliki Lamandau dan belum tentu dimiliki daerah lain," ujarnya.

Hendra juga mengapresiasi momen perayaan hari jadi tersebut karena mampu dimanfaatkan secara optimal yang dikemas dalam ragam kegiatan seperti pagelaran seni, karnaval, perlombaan, pasar malam dan hiburan lainnya bagi masyarakat.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat memotivasi masyarakat di setiap desa, untuk memacu masyarakatnya hidup rukun, tentram dan damai serta meningkatkan rasa gotong royong.

"Semoga Kecamatan Sematu Jaya, semakin maju pembangunannya, masyarakat dapat hidup sejahtera, aman dan tentram di wilayahnya," demikian Hendra.

Masyarakat di kecamatan serta desa lainnya pun juga diharapkan mampu berkembang dan mengoptimalkan berbagai potensi daerah yang dimiliki, mulai dari seni dan budaya, perekonomian dan sektor potensial lainnya.

Pewarta :
Editor: Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar