Kota Buntok dilanda banjir akibat kiriman dari hulu

id banjir buntok,banjir sungai barito,banjir barito selatan

Kota Buntok dilanda banjir  akibat kiriman dari hulu

Pekarangan rumah penduduk di kota Buntok yang terendam banjir, Sabtu (16/2/19) malam. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sejumlah kawasan dataran rendah di Kota Buntok Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, mulai terendam banjir akibat meluapnya Sungai Barito.

Pantauan Antara di Buntok, Sabtu sebagian pekarangan penduduk yang berada di dataran rendah di Buntok sudah terendam banjir sejak dua hari terakhir ini.
    
Banjir yang menggenangi sebagian pekarangan rumah penduduk tersebut karena banjir kiriman dari hulu Sungai Barito yakni dari wilayah Kabupaten Barito Utara yang terletak di hulu atau utara Kabupaten Barito Selatan.
    
Sejumlah pekarangan rumah penduduk yang terendam banjir tersebut seperti di Jalan AMD I, AMD II dan Jalan Sepakat II serta  Gang Amal Buntok.
    
Sedangkan kedalaman air yang menggenangi sebagian pekarangan rumah penduduk  ini antara 5-20 cm.
    
"Air yang menggenangi pekarangan rumah terjadi sejak dua hari terakhir ini, dan ini merupakan banjir kiriman dari wilayah hulu Sungai Barito," kata salah seorang warga AMD II, Masreal.
    
Karena lanjut dia, berdasarkan informasi di media sosial (Medsos) di rumah penduduk pada sejumlah desa yang berada di pinggiran Sungai Barito di wilayah Kabupaten Barito Utara tergenang banjir.
    
"Biasanya banjir di Barito Utara mulai surut, maka debit air di wilayah Barito Selatan naik karena arus Sungai Barito mengalir ke hilir," tambah Masreal.