Pelantikan 48 kepala desa di Kotim serentak pekan depan

id Pelantikan 48 kepala desa di Kotim serentak pekan depan,Pilkades serentak,Kepala desa,Kotawaringin Timur,Hawianan

Pelantikan 48 kepala desa di Kotim serentak pekan depan

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotawaringin Timur, Hawianan. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 48 kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak pada 16 Desember 2018 lalu, rencananya akan dilantik serentak pada 25 Februari nanti.

"Mereka dilantik bersamaan, 48 orang (tidak ada yang ditunda). 
Seluruhnya, hasil pemilihan kepala desa serentak," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri di Sampit, Senin.

Menurut Taufiq, persiapan pelantikan terus dilakukan. Rencana awal, pelantikan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan Sampit Expo 2019 yang rencananya dilaksanakan pada 23 Februari, namun rencana itu dibahas ulang. 

Informasi terakhir, ada kemungkinan pelaksanaan Sampit Expo ditunda hingga setelah pemilu 17 April nanti. Namun, pelaksanaan pelantikan kepala desa serentak rencananya tetap dilaksanakan pekan depan.

Taufiq bersyukur karena pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak berlangsung aman dan lancar. Dia berharap pelantikan nanti juga berjalan dengan lancar sehingga seluruh kepala desa terpilih bisa segera menjalankan tugasnya membangun desa menjadi lebih maju.

Taufiq berharap pembangunan desa akan makin meningkat. Kepala desa diminta meningkatkan koordinasi dengan semua pihak agar program pembangunan bisa berjalan sesuai harapan masyarakat.

"Teknis pelaksanaan pelantikan masih dipersiapkan. Kita doakan semoga semua berjalan sesuai rencana dan pembangunan desa semakin maju," harap Taufiq.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kotawaringin Timur, Hawianan mengatakan, saat ini persiapan pelantikan 48 kepala desa secara serentak, terus dilakukan. Terkait jadwal pelantikan, semua sudah dibahas dan dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait.

"Pelantikan 48 kepala desa hasil pilkades serentak akan dilaksanakan hari Senin tanggal 25 Februari 2019 di Gedung Serbaguna oleh bupati Kotim. Besok (Selasa) pagi rapat finalisasi dan hal-hal yang berkaitan dengan acara pelantikan itu di aula Bappeda," kata Hawianan.

Kotawaringin Timur sukses menggelar pemilihan kepala desa serentak di 48 desa yang tersebar di 16 kecamatan pada 16 Desember 2018 lalu. Itu merupakan pemilihan kepala desa serentak kedua yang digelar di kabupaten ini, setelah tahun 2017 lalu sukses menggelar pemilihan kepala desa serentak di 77 desa.