ASN harus tingkatkan loyalitas dalam bekerja, kata Bupati Barito Timur

id kabupaten barito timur,bartim,disiplin asn barito timur,bupati barito timur

ASN harus tingkatkan loyalitas dalam bekerja, kata Bupati Barito Timur

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas (dua dari kiri) menyerahkan penghargaan penghimpun PBB P2 terbesar untuk Pemerintah Kabupaten Barito Timur di halaman kantor Bupati setempat, Senin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkup pemerintahan setempat untuk meningkatkan etos dan disiplin kerja. 

ASN juga harus meningkatkan loyalitas tinggi dalam bekerja dan melaksanakan serta mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah disusun untuk tahun 2019, kata Ampera di Tamiang Layang, Senin. 

"Saya juga berharap proses mekanisme administrasi pemerintahan hingga keuangan juga bisa semakin baik, profesional dan akuntabel," tambahnya.

Menurut Ampera, peningkatan etos kerja para ASN akan dinilai dan dievaluasi serta akuntabilitas kinerja pada instansi-instansi Pemerintah Kabupaten Barito Timur, akan menjadi penilaian tersendiri.

Dia mengatakan untuk tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Barito Timur mendapat predikat C dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), sehingga diperlukan perbaikan dan peningkatan disiplin kerja.

"Jika dihubungkan dengan capaian kinerja kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil, maka hasil tingkat efesiensi dan efektivitas penggunaan anggaran masih banyak memerlukan perbaikan-perbaikan," kata Ampera. 

Ampera berharap, apa yang telah disampaikan menjadi perhatian khusus seluruh ASN untuk dapat memperbaiki kinerja dengan memperbaiki kualitas perencanaan kerja, oengukuran kinerja,  laporan kinerja dan dengan memperbaiki sistem evaluasi kinerja internal. 

Pria kelahiran 3 Agustus 1967 itu mengatakan sistem evaluasi kinerja internal untuk memastikan bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan Organiasai Perangkat Daerah (OPD) terlaksana dengan baik. 

"Tetapi juga tidak hanya sebatas pengeluaran saja, tapi lebih pada pencapaian yang dicapai.  Terutama dalam penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2018 agar dapat segera diselesaikan secara teoat waktu," katanya. 

Setelahnya,  barulah semua kepala dinas instansi segera melaporkan dokumen LKPD baik pengumpulan dan rekonsiliasi aset-aset milik daerah.

"Saya sangat berharap sekali, beberapa point yang saya sampaikan dapat menjadi perhatian khusus kita bersama, dan kedepan pemerintahan dapat berjalan dengan baik-baiknya," demikian Ampera.