Ini yang dilakukan Disdagkop Barito Selatan cegah permainan harga sembako

id Ini yang dilakukan Disdagkop Barito Selatan cegah permainan harga sembako,Harga sembako,Barsel,Pasar

Layar daftar harga yang dipasang Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan pada Plaza Beringin Buntok.(Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Barito Selatan Kalimantan Tengah, memasang layar running text digital daftar harga sembilan bahan pokok (sembako) di daerah itu untuk memudahkan pengawasan  oleh semua pihak.



"Running text daftar harga tersebut kami pasang di Plaza Beringin Buntok," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Barito Selatan Junaidi di Buntok, Selasa.



Dia mengatakan, daftar harga digital tersebut dipasang untuk memberikan informasikan kepada masyarakat terkait harga sembilan bahan pokok, maupun bahan strategis lainnya yang dijual di pasar tersebut.



Layar tersebut memuat daftar harga sembako seperti harga beras, minyak goreng, gula, susu, bawang merah, bawang putih dan lainnya. Harapannya agar pembeli dan pedagang sama-sama mengetahui.



Menurut dia, informasi harga sembako itu akan terus diperbarui datanya setiap minggu melalui hasil pendataan yang dilaksanakan petugas di lapangan. Sehingga, daftar harga yang dipasang benar-benar sesuai yang ditetapkan dalam transaksi saat itu.



"Update data tersebut sesuai dengan permintaan dari pihak Kementerian Perdagangan melalui Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Tengah untuk terus memonitoring supaya jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diharapkan," kata dia.



Junaidi juga mengatakan, pemasangan layar daftar harga itu sesuai permintaan DPRD Barito Selatan agar masyarakat setempat bisa mengetahui dengan jelas berapa harga kebutuhan pokok yang dijual di pasaran.



Dia berharap dengan adanya daftar yang dipasang pada Plaza Beringin Buntok itu, masyarakat akan dengan mudah mengetahui turun atau naiknya harga barang dalam setiap minggunya.



"Pemasangan layar daftar harga ini juga dimaksudkan untuk menghindari aksi spekulasi para pedagang yang merugikan konsumen," demikian Junaidi.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar