DPRD Kalteng minta Pemprov proteksi hasil produksi pertanian

id dprd kalteng,dprd kalimantan tengah,dapil iv dprd kalteng,tim reses dapil iv dprd kalteng,HM Rumsyah Bagan

DPRD Kalteng minta Pemprov proteksi hasil produksi pertanian

ilustrasi - Petani. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Tim reses daerah pemilihan IV DPRD Kalimantan Tengah meminta Pemerintah provinsi, mendukung sekaligus ikut terlibat memproteksi hasil produksi pertanian agar memberikan keuntungan kepada petani.

Permintaan tersebut menindaklanjuti hasil dari kunjungan ke Barito Timur sekaligus dilakukannya pertemuan dengan Bupati setempat, kata juru bicara tim reses Dapil IV DPRD Kalteng HM Rumsyah Bagan di Palangka Raya, Rabu.

"Pemkab Barito Timur sedang berupaya menjadikan padi hasil dari produksi petani setempat, dikelola terlebih dahulu menjadi beras agar harga jualnya menjadi lebih baik. Untuk merealisasikan rencana itu, perlu dukungan dari Pemprov," ucapnya.

Selain itu, Pemprov Kalteng juga diminta ikut membantu Pemkab Barito Timur membina masyarakat setempat. Sebab, sampai sekarang ini masih banyak masyarakat beranggapan bahwa pekerjaan itu hanya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

Rumsyah mengatakan pemamaham dan pola pikir masyarakat usia produktif atau generasi muda di Barito Timur perlu dilakukan perubahan, agar mau bekerja di bidang lain, khususnya pertanian.

Baca juga: Tak ingin mubazir, DPRD Kalteng soroti pembangunan GOR indoor

"Di Barito Timur masih sangat banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan. Tapi, sampai sekarang potensi itu belum dilirik masyarakat, khususnya generasi muda yang masing sangat produktif," ucapnya.

Pemkab Barito Timur sebenarnya sudah melakukan berbagai upaya untuk melakukan perubahan pemahaman dan pola pikir tersebut. Hanya, sampai sekarang belum optimal akibat keterbatasan anggaran.

"Itu kenapa Bupati Barito Timur menyampaikan kepada kami agar Pemprov juga ikut dan terlibat aktif melakukan perubahan pemahaman serta pola pikir. Kami berharap Pemprov bisa merealisasikannya," kata Rumsyah.

Tim reses dapil IV DPRD Kalteng terdiri dari Baharudin Lisa selaku Koordinator, Walter S Penyang sebagai Ketua Tim, Ina Prayawati sebagai sekretaris, HM Rumsyah Bagan, Agus Susilasani, Reda Fahrony, HM Anderiansyah, dan Abdul Hadi.

Tim ini mengunjungi dan bertemu masyarakat di sejumlah wilayah yang terdiri dari Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, dan Murung Raya.

Baca juga: Biaya pembangunan RS tipe A Kalteng diperkirakan mencapai Rp1 triliun