SPBU milik Pemkab Barito Utara diresmikan 25 Februari

id spbu pemkab barito utara,spbu perusda batara membangun,perusda batara membangun,bupati nadalsyah

SPBU milik Pemkab Barito Utara diresmikan 25 Februari

Bupati Barito Utara H Nadalsyah. (Ist)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dijadwalkan pada Senin (25/2/19) meresmikan beroperasinya Station Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dikelola oleh Perusahaan Daerah 'Batara Membangun' yang terletak kawasan lingkar kota Jalan Pendreh Muara Teweh.
    
"Ditetapkannya jadwal peresmian ini setelah izin operasional dari PT Pertamina sudah terbit, sehingga mulai beroperasinya SPBU ini pada Senin pekan depan," kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah di Palangka Raya, Rabu.
    
Menurut Nadalsyah, dengan terbitnya izin operasional tersebut, Perusda Batara Membangun dalam mengoperasikannya sesuai dengan aturan dan ketentuan, sehingga kebutuhan bahan bakar minya (BBM) yang diperlukan masyarakat dapat teratasi.  
    
"SPBU ini milik pemerintah dan juga milik masyarakat, diharapkan semua pihak turut menjaga dan memantau baik dari segi operasional maupun segi harga BBM yang dijual," kata Nadalsyah.
    
Dia mengatakan, dengan adanya kehadiran SPBU ini diharapkan dapat mengatasi kelangkaan BBM di Kabupaten Barito Utara.Harga yang berlaku di SPBU ini sama dengan harga yang ditetapkan oleh Pertamina.
    
"Saya tekankan kepada pengelola yakni, Perusda Batara Membangun bahwa jangan ada kenaikan harga Rp1 pun dari harga yang ditetapkan oleh Pertamina, karena SPBU ini untuk masyarakat Barito Utara," tegas bupati yang akrab disapa H Koyem ini.
    
Nadalsyah mengatakan, SPBU yang dapat menampung total 107.000 liter bahan bakar ini nantinya tetap menerima pelangsiran (pengepul-red) yang akan mendistribusikan BBM ke desa-desa maupun kelurahan di Barito Utara.
    
"Namun dengan regulasi khusus salah satunya yakni dengan menetapkan range harga pendistribusian oleh pengecer sesuai dengan daerah yang akan didistribusikannya agar tidak mengalami tingginya harga bahan bakar di desa-desa ataupun kelurahan di wilayah Kabupaten Barito Utara," ujarnya.
    
SPBU yang dibangun ini dibawah kelola PT Mitra Batara Sarana Mandiri selaku anak perusahaan dari Perusda. Di SPBU ini nantinya akan menyediakan lima produk bahan bakar yakni, Pertamax, Pertalite, Premium, Dexlite dan Pertamina Dex dan akan melayani masyarakat di daerah ini secara 24 jam tiap harinya.
    
Peresmian SPBU pada Senin nanti juga bersamaan dengan dioperasikan tiga Puskesmas di daerah setempat serta pembagian bonus secara simbolis kepada para atlet Barito Utara yang meraih medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalteng 2018. 


Baca juga: SPBU milik pemkab Barito Utara segera dioperasikan tinggal menunggu uji tera