Tujuan hidup realistis bisa jadi kunci kepuasan

id tujuan hidup realitis,kunci kepuasan hidup, peneliti dari University of Basel di Swiss

Tujuan hidup realistis bisa jadi kunci kepuasan

Ilustrasi (hellosehat)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Menetapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai mungkin menjadi kunci bagi kesejahteraan dan kepuasan hidup Anda, kata para peneliti dari University of Basel di Swiss.

Tujuan dapat berkontribusi secara substansial pada seberapa puas orang dalam hidup - atau betapa tidak puasnya jika tujuan penting tidak dapat dicapai.

Seperti dilansir dari Indian Express, Kamis, para peneliti melakukan pemeriksaan terperinci tentang bagaimana tujuan hidup tertanam pada orang dewasa. 

Penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Personality ini memasukkan data dari 973 orang yang berusia antara 18-92 di Swiss; lebih dari setengah partisipan disurvei lagi setelah dua dan empat tahun.

Para partisipan harus menilai pentingnya dan pencapaian yang dirasakan dari tujuan hidup di sepuluh bidang antara lain kesehatan, komunitas, hubungan sosial, ketenaran, citra, kekayaan, keluarga, tanggung jawab atau perawatan untuk generasi muda, dan pekerjaan. 

Hasilnya, menganggap tujuan pribadi sebagai hal yang dapat dicapai adalah indikator untuk kesejahteraan kognitif dan efektif di kemudian hari. Ini menyiratkan bahwa orang paling puas jika mereka memiliki perasaan kontrol dan pencapaian. 

Menariknya, pentingnya tujuan ternyata kurang relevan untuk kesejahteraan kemudian dari yang diharapkan.

Tujuan hidup juga memiliki kekuatan prediksi untuk domain tertentu. Mereka yang menetapkan tujuan hubungan sosial atau tujuan kesehatan, lebih puas dengan hubungan sosial atau kesehatan mereka sendiri. Hal ini tak tergantung pada usia.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar