Fasilitas pendukung pelaksanaan UNBK 2019 sudah siap, kata Disdik Kalteng

id provinsi kalimantan tengah,disdik kalteng,kepala disdik kalteng,Slamet Winaryo,persiapan unbk kalteng,unbk 2019

Fasilitas pendukung pelaksanaan UNBK 2019 sudah siap, kata Disdik Kalteng

Kepala Disdik Kalteng Slamet Winaryo. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Slamet Winaryo memastikan, semua fasilitas pendukung ujian nasional berbasis komputer telah siap dan tinggal menunggu pelaksanaan.

Manajemen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di seluruh kabupaten/kota se-Kalteng juga memastikan tidak akan melakukan pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK, kata Slamet di Palangka Raya, Kamis.

"Jaringan internet juga diupayakan stabil dan tidak akan ada masalah. Jadi, fasilitas pendukung pelaksanaan UNBK di seluruh SMA/SMK sudah siap. Mohon maaf ya, mungkin Kalteng lebih maju dari bebera daerah," ucapnya.

Dikatakan, seluruh SMA/SMK sederajat di Provinsi Kalteng yang awalnya dalam melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menggunakan kertas, mulai tahun 2019 ini berbasis internet dengan menggunakan komputer maupun android.

Slamet mengaku bahwa pihaknya sudah melaksanakan simulasi terkait pelaksanaan UNBK dan tidak ada masalah. Hal itulah yang mendasari Disdik Kalteng mengharuskan semua SMA/SMK dalam melaksanakan USBN juga harus berbasis internet.

"Kami yakin android yang nantinya digunakan para siswa SMA/SMK se-Kalteng digunakan untuk hal positif, bukan negatif. Kami kan sudah melakukan simulasi," beber dia.

Baca juga: Upaya pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng dinilai rendah untuk penuhi kebutuhan komputer sekolah

Meski berbagai persiapan UNBK sudah matang, namun Kepala Disdik Kalteng itu tetap mengharapkan dukungan dan doa seluruh masyarakat setempat agar dalam pelaksanaannya tidak mengalami kendala.

Dia mengatakan bulan Maret 2019 siswa Sekolah Menengah Keguruan (SMK) sudah mulai melaksanakan ujian nasional. Dan, di awal bulan April siswa Sekolah Menegah Atas (SMK) melaksanakan USBN.

"Kalau untuk UNBK dilaksanakan tanggal 22 sampai 25 April 2019. Kita mohon doanya agar tidak ada masalah pada saat hari pelaksanaan," demikian Slamet.

Baca juga: Tingkatkan kualitas siswa di Kalteng, soal berbasis HOTS ditargetkan capai 50 persen