Dinsos Kalteng salurkan 21 ton beras sejahtera ke Kabupaten Katingan

id Dinsos Kalteng salurkan 21 ton beras sejahtera ke Kabupaten Katingan,Dinsos Kalteng,Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso

Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso (dua dari kanan) didampingi Wadir Binmas Polda Kalteng AKBP Andika Kelana Wiratama (kanan) dan Kepala Divisi Regional Kalteng Perum Bulog Faisal (dua dari kiri) memeriksa beras yang akan didistribusikan ke Kabupaten Katingan, Jumat (22/2/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah mendistribusikan beras sejahtera (rastra) sebanyak 21 ton lebih kepada keluarga penerima manfaat (KPM) di Kecamatan Pulau Malam dan Tewang Sanggalang Garing, Kabupaten Katingan sesuai jumlah kuota penerima yang ditetapkan Kementerian Sosial. 

"Sebelumnya penyaluran ke Kabupaten Gunung Mas dan sekarang Kabupaten Katingan yang akan di salurkan di dua kecamatan yang akan menerima pendistribusian beras tersebut," kata Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso di Palangka Raya, Jumat. 
 
Budi menjelaskan, tim penyaluran rastra ini berangkat dari kantor Bulog Divisi Regional Kalteng di Jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya. Pelepasan dilakukan oleh Kepala Divisi Regional Kalteng Perum Bulog Faisal dan Wadir Binmas Polda Kalteng AKBP Andika Kelana Wiratama.

"Dalam penyaluran rastra tersebut menggunakan dua truk dan di kawal oleh aparat kepolisian, agar dalam penyalurannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.   

Budi Santoso mengatakan, syarat untuk seseorang bisa mendapatkan bantuan sosial rastra, yakni harus masuk dalam basis data terpadu (BDT). Terkhusus bagi masyarakat yang tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan dasarnya sehari-hari.
 

 Sekretaris Dinas Sosial Kalteng Budi Santoso (empat kiri) didampingi Wadir Binmas Polda Kalteng AKBP Andika Kelana Wiratama dan Kepala Divisi Regional Kalteng Perum Bulog Faisal melepas truk pengangkut rastra ke Kabupaten Katingan, Jumat (22/2/19). (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo).   

Bahkan Budi juga menegaskan, mengenai kualitas beras yang akan disalurkan tersebut, tidak perlu diragukan lagi. Karena selama berada di gudang Bulog beras tersebut dijaga serta ditata agar kualitas beras tersebut tidak mudah rusak dan lain sebagainya.

"Untuk kualitas beras baik serta tidak perlu diragukan. Rastra tersebut satu kepala keluarga mendapatkan 10 kilogram," bebernya.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional Kalteng Perum Bulog Faisal mengatakan, bantuan rastra untuk dua kabupaten itu yakni berjumlah 21 ton lebih.

Rastra tersebut dibagikan untuk bulan Januari dan Februari 2019. Itu artinya setiap kepala keluarga (KK) yang masuk dalam BDT, akan mendapatkan 20 kilogram dengan total penerima 1.055 KK.

"Dalam waktu dekat ini tentunya akan ada lagi pendistribusian serupa ke beberapa kabupaten yang sudah memastikan jumlah datanya penerima rasta tersebut. Saya juga memastikan beras yang disalurkan ini gratis bagi warga yang sudah tercatat dalam DBT," tandasnya. 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar