Daftar pemilih tambahan Kalteng 14.499 jiwa

id daftar pemilih tambahan kalteng 14.499 jiwa ,KPU Kalteng,Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim

Daftar pemilih tambahan Kalteng 14.499 jiwa

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim saat acara diskusi publik gerakan melindungi hak pilih di Palangka Raya, Jumat (12/10/18) (Foto Antara Kalteng / Rendhik Andika)

Palangka Ray (Antaranews Kalteng) - Komisi pemilihan umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah menetapkan daftar pemilih tambahan (DPTb) pada Pemilu 2019 sebanyak 14.499 jiwa.

"KPU Provinsi Kalimantan Tengah pada Selasa (19/2) lalu telah melaksanakan Rapat Pleno Terbuka yang menetapkan DPTb Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah pada Pemilu 2019 berjumlah 14.499 pemilih," kata Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Jumat.

Harmain pun mengajak seluruh elemen masyarakat terutama partai politik turut mengecek pemilih melalui aplikasi KPU RI Pemilu 2019 yang dapat diunduh di playstore telpon genggam berbasis android.

"Melalui aplikasi itu, mengecek calon pada Pemilu 2019 bisa, mengecek pemilih juga bisa. Kepada KPU kabupaten/kota nanti selepas penetapan pleno DPTb akan tetap dapat mendata kembali pemilih yang ingin pindah memilih," ucapnya.

KPU Kalteng pun menginstrksikan KPU kabupaten/kota membuka posko-posko pelaporan baik di perusahaan maupun di universitas yang ada di Kalteng.

Baca juga: 1.329 penghuni lapas di Kalteng belum tercatat sebagai pemilih

Baca juga: Ini cara KPU Kalteng tingkatkan pemilih milenial di Pemilu 2019


Anggota KPU Kalteng Divisi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Wawan Wiraatmaja menambahkan, hasil pleno penetapan DPTb juga telah disahkan dengan pembubuhan tanda tangan perbaikan pada data rekapitulasi perbaikan DPTb tingkat kabupaten.

"Hasil pleno itu juga dilakukan penandatangan berita acara DPTb oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi Kalimantan Tengah, kemudian oleh Saksi dari Bawaslu Provinsi, serta dari Perwakilan Partai Politik Tingkat Provinsi maupun calon DPD," paparnya.

Wawan menerangkan, DPTb berjumlah 14.499 pemilih itu terdiri dari 10.476 pemilih laki-laki dan 4.023 pemilih perempuan yang tersebar di 14 Kabupaten/Kota, 106 Kecamatan, 386 Desa/Kelurahan dan 913 TP.

Diketahui juga Rekapitulasi DPTb yang keluar dalam Pemilu 2019 dengan jumlah 1.587 pemilih dengan rincian pemilih laki-laki berjumlah 935 dan pemilih perempuan berjumlah 652 serta terjadi penambahan TPS berbasis DPTb sebanyak 51 TPS yang tersebar di 40 Desa/Kelurahan, 20 Kecamatan dan delapan Kabupaten.

Rapat pleno terbuka itu sendiri selain dihadiri anggota KPU se Kalteng dan Bawasalu juga dihadiri oleh perwakilan peserta Pemilu 2019 yakni partai politik dan calon anggota DPD serta Instansi terkait tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Baca juga: Jelang pemilu serentak KPU Gumas masih kekurangan kotak suara

Baca juga: Rumah pintar pemilu berfungsi layaknya museum, kata KPU Kalteng