Perpustakaan digital Kalteng sediakan ribuan judul buku

id Perpustakaan digital,iKalteng,Dinas perpustakaan dan arsip,Pemerintah kalimantan tengah,Susana ria aden,Budaya membaca,Minat baca,Revitalisasi perpust

Perpustakaan digital Kalteng sediakan ribuan judul buku

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Susana Ria Aden. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

...mewujudkan revitalisasi perpustakaan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Perpustakaan digital yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, menyediakan ribuan judul buku yang dapat diakses dan dibaca oleh masyarakat.

"Kami memiliki perpustakaan digital dengan nama iKalteng yang dapat diakses menggunakan telepon pintar (smartphone) secara gratis. Program ini telah kami luncurkan sejak tahun lalu," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kalteng, Susana Ria Aden di Palangka Raya, Minggu.

Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang memiliki koleksi buku dalam bentuk format digital dan diakses menggunakan perangkat elektronik seperti komputer maupun smartphone.

Susana menyebut, diluncurkannya layanan digital ini, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya kalangan pelajar, sehingga bisa mengakses dan mendapatkan buku bacaan yang mereka perlukan tanpa harus pergi ke perpustakaan secara langsung.

"Ini sebagai terobosan dari kami, untuk mewujudkan revitalisasi perpustakaan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi," paparnya kepada Antara Kalteng.

Baca juga: Tingkatkan minat baca, Pemprov Kalteng boyong 50 penerbit sekaligus

Baca juga: Tiga kabupaten di Kalteng jadi sasaran revitalisasi perpustakaan


Selama tersedianya jaringan internet, maka iKalteng dapat diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menemukan berbagai buku bacaan. Ragam jenis buku yang tersedia, mulai dari bidang pendidikan di berbagai jenjang, multimedia, pengetahuan umum hingga fiksi.

Ia menjelaskan, iKalteng masih dalam tahap awal sehingga pengembangan akan terus dilakukan terhadapnya. Pengembangan tersebut, yakni penambahan fitur layanan hingga penambahan jenis serta judul buku.

Keberadaan perpustakaan digital ini, juga diyakini mampu mendorong peningkatan minat baca masyarakat. Sehingga upaya pemerintah untuk menanamkan budaya membaca pun akan semakin mudah direalisasikan.

"Jika biasanya smartphone cendrung digunakan untuk membuka media sosial ataupun bermain game, maka kini ada pilihan lain yang lebih bermanfaat, yakni iKalteng," ungkap Susana.

Perpustakaan digital ini secara bertahap sudah mulai disosialisasikan kepada masyarakat. Kedepan pihaknya akan memperkenalkannya ke seluruh sekolah yang ada di Kalteng, agar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh semua pihak.

Baca juga: Kualitas pegawai sangat berpengaruh pada perkembangan perpustakaan

Baca juga: DPRD Kotim dorong pemerintah desa dirikan perpustakaan