Festival Budaya Habaring Hurung upaya menarik minat wisatawan

id Festival Budaya Habaring Hurung upaya tarik minat wisatawan,Disbudpar,Dinas kebudayaan dan pariwisata,Kotim,Kotawaringin Timur,Fajrurrahman,Sampit

Festival Budaya Habaring Hurung upaya menarik minat wisatawan

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah kembali menggelar Festival Budaya Habaring Hurung untuk mendukung sektor pariwisata dengan harapan mampu menarik minat wisatawan.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala, kegiatan itu rencananya dilaksanakan pada 9 sampai 14 Maret 2019 dan dipusatkan di Taman Kota Sampit," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman di Sampit, Senin.

Festival Budaya Habaring Hurung merupakan agenda rutin kalender pariwisata Kotawaringin Timur. Event ini memperlombakan berbagai cabang olahraga tradisional, seni dan budaya yang dulunya menjadi bagian keseharian masyarakat Suku Dayak setempat.

Fajrurrahman menyebutkan, 15 cabang akan diperlombakan yaitu tari daerah, tari pesisir, manyipet, bagasing, balogo, lawang sakepeng, dayung tradisional, besei kambe, mangaruhi, malamang, mangenta, sepak sawut, karungut, panganan sukup simpan dan pemilihan putra putri pariwisata.

Semua jenis lomba tersebut merujuk pada jenis-jenis lomba yang dipertandingkan pada event serupa di tingkat provinsi. Juara masing-masing cabang lomba di Festival Budaya Habaring Hurung akan mewakili Kotawaringin Timur pada Festival Budaya Isen Mulang yang akan diikuti peserta dari seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.

Kegiatan ini menjadi upaya pemerintah daerah untuk melestarikan kebudayaan lokal karena kini banyak olahraga dan seni tersebut tidak lagi dimainkan oleh generasi muda. Event ini juga untuk mendukung promosi pariwisata daerah dalam mewujudkan Kotawaringin Timur sebagai tujuan wisata di Kalimantan Tengah.

Festival Budaya Habaring Hurung 2019 akan diikuti peserta dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten ini. Saat ini masing-masing kecamatan terus mempersiapkan atlet atau utusan mereka agar mampu menjadi yang terbaik dalam perlombaan nanti.

Fajrurrahman berharap pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa bisa bersinergi mendukung kegiatan tahunan ini. Caranya yaitu mempersiapkan sebaik mungkin tim yang akan dikirim untuk mengikuti lomba, khususnya dalam penyiapan sarana dan prasarana sehingga mereka bisa tampil maksimal.

"Masyarakat dari kecamatan-kecamatan yang jauh dari kota sangat antusias, tapi biasanya mereka terkendala sarana. Makanya kami berharap pemerintah kecamatan dan desa bisa membantu mereka karena justru merekalah yang biasanya memiliki potensi luar biasa untuk menjadi juara, bahkan hingga ke tingkat provinsi," ujar Fajrurrahman.

Fajrurrahman juga berharap Festival Budaya Habaring Hurung ini mampu menarik minat wisatawan luar daerah dan luar negeri untuk datang menyaksikan. Dia meminta dukungan dunia usaha seperti biro perjalanan, perhotelan dan pusat perbelanjaan untuk menggelar kegiatan yang dapat mendukung kemeriahan event ini sehingga wisatawan makin tertarik untuk datang ke Sampit menyaksikannya.