Barito Timur perlu tim penyelamatan aset daerah

id Barito Timur perlu tim penyelamatan aset daerah,Bupati,Ampera AY Mebas,Tamiang Layang,Aset

Barito Timur perlu tim penyelamatan aset daerah

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas berencana membentuk tim penyelamatan aset daerah untuk menginventarisasi semua aset milik pemerintah setempat.



"Wacana pembentukan tim penyelamatan aset ini memang sudah lama dipikirkan namun belum terlaksana. Nantinya tim ini akan menginventarisir aset milik daerah dan melakukan pengecekan secara faktual," kata Ampera di ruang kerjanya, Senin.



Menurut Ampera, tim akan diketuai oleh Sekretaris Daerah Barito Timur dan melibatkan kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) beserta jajaran.



Setelah dibentuk, tim akan menginventarisasi seluruh aset milik Pemerintah Kabupaten Barito Timur, baik aset yang bergerak berupa kendaraan maupun aset tidak bergerak seperti tanah, bangunan dan lainnya.



Setelah terdata, maka akan dilakukan pengecekan secara faktual untuk mengetahui kondisi dan nilai aset seperti perubahan volume, laik atau tidak laik dan keberadaan fisik dari aset tersebut. 



Selain aset milik daerah yang ada di Kabupaten Barito Timur, tim penyelamatan aset juga akan mendata dan mencek aset daerah yang berada di luar daerah.



Aset yang akan diinventarisir mulai dari kendaraan roda dua dan empat, tanah, bangunan gedung, bangunan air, jalan dan jembatan, instalasi jaringan dan surat-surat berharga. 



Ampera masih mempertimbangkan rencana melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan. Kemungkinan melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan akan ada jika kejanggalan dalam data dan hasil pelaporan aset.



"Rencananya Sekda sebagai ketua tim. Untuk melibatkan kepolisian dan kejaksaan sebagai bagian tim, masih belum," katanya. 



Pria kelahiran 3 Agustus 1967 itu menilai, dengan adanya tim penyelamatan aset maka seluruh aset bisa terdata dengan baik secara efesien dan efektif.