TMMD Palangka Raya bangun jalan 5,2 kilometer

id tmmd,Program Tentara Manunggal Membangun Desa ,digelar Kodim 1016/Palangka Raya,TMMD Palangka Raya bangun jalan 5,2 kilometer

TMMD Palangka Raya bangun jalan 5,2 kilometer

Dandim 1016/PLK, Letkol Czi Chandra Adibrata (dua dari kanan) dan Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah (empat dari kiri) melakukan pengecekan lokasi TMMD ke-104 yang dipusatkan di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau, Selasa (26/2/19). (Foto Anatara Kalteng / Adi Wibowo)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 yang digelar Kodim 1016/Palangka Raya, Kalimantan Tengah, di Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sabangau difokuskan untuk membangun jalan sejauh 5,2 kilometer.

"Tahun ini fokus utama TMMD ialah membangun jalan sepanjang 5.210 meter dengan lebar 20 meter. Jalan itu menjadi penghubung perkebunan warga dengan wilayah perkotaan," kata Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah, Rabu.

Orang nomor dua di "Kota Cantik" itu mengapresiasi kinerja TNI dan Polri serta pihak terkait yang turut serta membangun daerah melalui program TMMD.

"Dengan kegiatan ini, kami harapkan percepatan pembangunan dapat dilakukan. Dengan pembangunan jalan itu, akses masyarakat menuju wilayah pertanian semakin mudah sehingga dapat peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Sebelumnya, pada Selasa (26/2) jajaran Kodim 1016/Plk beserta Pemerintah Kota Palangka Raya membukan resmi dan memantau langsung pelaksanaan TMMD.

"Selain mempermudah akses masyarakat menuju lahan pertanian, lokasi itu nantinya juga akan dijadikan kawasan agro wisata serta susur kanal," kata Umi.

Dandim 1016/Palangka Raya, Letkol Czi Chandra Adibrata mengungkapkan pelaksanaan program TMMD itu melibatkan 150 personel gabungan, terdiri dari anggota TNI, Polri dan masyarakat.

Dia menambahkan, di daerah itu, ada sekitar 20 hektare kebun buah warga, terdiri dari 14 hektare buah naga, dua hektar jambu biji dan sisanya pepaya, melon serta semangka. Selain pembukaan jalan, juga dibangun jembatan namun tidak banyak.

Chandra menuturkan, pembangunan jalan menjadi fokus utama dalam sasaran fisik, sebab akan memberikan dampak positif berupa peningkatan perekonomian di kawasan setempat.

"Kegiatan ini, kami targetkan selesai paling lama satu bulan dan paling cepat 20 hari. Selain kegiatan fisik TMMD ini juga ada program non fisik seperti pembinaan kebangsaan, anti narkoba dan lain-lain," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar