45 pelajar SMA Kabupaten Gunung Mas ikuti Olimpiade Sains

id kabupaten gunung mas,gumas,olimpiade sains gunung mas,olimpiade sains,peserta olimpiade sains gumas

45 pelajar SMA Kabupaten Gunung Mas ikuti Olimpiade Sains

Para peserta bersiap mengikuti Olimpiade Sains SMA/MA tingkat Kabupaten Gumas di SMAN 1 Sepang, Rabu (27 Februari 2019). (Foto : MKKS SMA Tjilik Riwut Kabupaten Gumas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Sebanyak 45 pelajar berasal dari empat Sekolah Menengah Atas mengikuti Olimpiade Sains tingkat SMA/MA, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas di SMA Negeri 1 Sepang, Rabu.

"Empat SMA yang mengikuti Olimpiade Sains SMA/MA itu terdiri dari SMA Negeri 1 Sepang, SMA Negeri 1 Kurun, SMA Katolik Kuala Kurun, dan SMA Negeri 1 Tewah," kata Wakil Ketua MKKS SMA Tjilik Riwut Kabupaten Gunung Mas Suyono, di Kuala Kurun.

Olimpiade sains yang diselenggarakan Pemkab Gunung Mas itu mempertandingkan sembilan mata pelajaran yakni Fisikia, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kebumian, Astronomi, serta Geografi.

"Untuk pengumuman pemenang akan dilakukan beberapa hari kedepan. Nantinya, juara 1 di masing-masing mata pelajaran akan menjadi perwakilan Kabupaten Gumas untuk mengikuti Olimpiade Sains SMA/MA tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)," kata Suyono.

Secara umum, penyelenggaraan olimpiade sains bertujuan untuk mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai pionir pembagunan ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Baca juga: Gumas dapat alokasi 3 ribu bidang tanah pada PTSL tahun 2019

Selanjutnya, mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter, serta menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat dan mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

"Dari Olimpiade Sains ini kita harapkan akan terseleksi calon peserta Olimpiade Sains ke tingkat Provinsi di bidang Fisikia, Kimia, Biologi, Matematika, Ekonomi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kebumian, Astronomi, serta Geografi," kata Suyono.

Sementara itu, Pengawas SMA/K Provinsi Kalteng untuk wilayah Kabupaten Gumas, Serie mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan diharapkan dapat memacu siswa dan siswi se Kabupaten Gumas agar semakin kreatif dan inovatif.

"Melalui Olimpiade Sains SMA/MA tingkat Kabupaten, kita harapkan nantinya perwakilan dari Kabupaten Gunung Mas benar-benar berkualitas dan mampu bersaing di tingkat Provinsi," demikian Serie.

Baca juga: Seluruh puskesmas di Gunung Mas harus terakreditasi, kata Wabup