Pemilih pemula diharapkan dongkrak partisipasi pemilih pemilu di Kotim

id Pemilih pemula diharapkan dongkrak partisipasi pemilih pemilu di Kotim,KPU Kotim,Muhammad Rifqi Nasrullah,Hak pilih ,Sampit

Pemilih pemula diharapkan dongkrak partisipasi pemilih pemilu di Kotim

Komisioner KPU Kotawaringin Timur Muhammad Rifqi Nasrullah saat sosialisasi ke sejumlah sekolah yang ada di daerah itu. (Foto KPU Kotim)

Sampit (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, berupaya keras meningkatkan partisipasi pemilih saat pemilu serentak yang akan digelar 17 April 2019 nanti dengan cara meningkatkan sosialisasi.

Komisioner KPU Kabupaten Kotawaringin Timur, Muhammad Rifqi Nasrullah di Sampit, Rabu mengatakan, yang menjadi salah satu sasaran sosialisasi adalah pemilih pemula. 

pihaknya jemput bola mendatangi ke sekolah-sekolah, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, forum warga berbasis keluarga, kursus kepemiluan dan relawan demokrasi atau relasi 10 basis.

"Kami ingin partisipasi pemilih di Kotawaringin Timur meningkat karena saat pemilu kepala daerah untuk memilih bupati dan wakil bupati pada 2015 lalu partisipasi pemilih di daerah ini hanya 50,59 persen, sedangkan partisipasi pemilih saat pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 2016 turun menjadi 47 persen," terangnya.

Dikatakannya, partisipasi masyarakat sangat penting demi kelancaran dan kesuksesan pemilu 2019. Suara yang diberikan pemilih akan sangat menentukan nasib pembangunan daerah dan negara.

Rifqi mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas.  Untuk itu masyarakat diminta memastikan diri sudah terdaftar sebagai pemilih.

"Kami juga berharap masyarakat untuk tidak tersulut kampanye hitam, mewaspadai politik uang serta menggunakan hak pilih dengan baik dan benar," ucapnya.

Menurut Rifqi, yang menentukan sukses tidaknya Pemilu 2019 nanti tidak mutlak menjadi tugas penyelenggaraan, namun partisipasi masyarakat juga penting dalam pemilu nanti.

"Kami juga meminta kepada partai politik peserta pemilu dan calon anggota legislatif untuk berperan aktif dalam mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya," katanya.        

Sementara itu, sebelumnya KPU Kotawaringin Timur telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu serentak 2019 pada 11 Desember 2018 lalu. 

Namun jumlah tersebut kemungkinan akan berubah dengan ditetapkannya daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus menjelang Pemilu nanti 

Jumlah pemilih yang masuk dalam DPT di Kotawaringin Timur sebanyak 274.189 pemilih. 

Terdiri dari 141.783 atau 52 persen laki-laki dan 132.406 atau 48 persen perempuan.