Satpol PP segera tertibkan PKL di Muara Teweh

id satpol pp barito utara,penertiban pkl muara teweh,satpol pp dan damkar barito utara

Satpol PP segera tertibkan PKL di Muara Teweh

Kepala Satpol PP dan Damkar Barito Utara Aprin S Dahan. (Ist)

Muara Teweh (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah segera melaksanakan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) atau pelaku usaha yang telah menyalahi aturan dalam menggelar dagangannya.

Penertiban PKL ini menindaklanjuti surat Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Barito Utara  perihal himbauan bagi pedagang kaki lima (PKL)/pelaku usaha yang menggunakan trotoar dan fasilitas umum  yang tidak memiliki izin tempat usaha, kata Kepala Satpol PP dan Damkar Barito Utara Aprin Siaga Dahan di Muara Teweh, Kamis.

"Untuk itu, kami dari Satpol PP dan Damkar menghimbau kepada para pelaku usaha atau PKL yang tidak mentaati produk hukum atau peraturan daerah Kabupaten Barito Utara kami anggap sebagai pelanggaran," tambahnya.

Satpol PP dan Damkar, kata Aprin, masih memberikan toleransi kepada para pelaku usaha atau PKL selama tujuh hari sejak surat himbauan diberikan kepada para pelaku usaha dan PKL. 

Apabila selama tujuh hari surat himbauan tersebut tidak di indahkan maka Satpol PP dan Damkar akan melakukan penertiban.

"Kami memberikan tolerasi kepada pelaku usaha dan PKL, dan apabila selama tujuh hari itu para pedagang atau PKL tersebut masih menggelar dagangannya berada difaslitias umum atau tidak memiliki tempat izin usaha, kami akan melakukan penertiban dan pengamanan barang-barang para PKL," tegas Aprin.

Menurut Aprin, pihaknya  akan ditindaklanjuti dengan penegakkan dan atau diberikan sanksi pidana yang dilaksanakan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) sebagaimana Pasal 257 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014. 

"Hal ini kita lakukan guna terciptanya ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di Kota Muara Teweh pada khususnya Kabupaten Barito Utara pada umumnya. Dan juga agar terlihat rapi tidak terlihat semrawut," ujarnya.