Romelu Lukaku selamatkan muka MU dari Southampton

id Romelu Lukaku,Romelu Lukaku selamatkan muka MU atas Southampton

Romelu Lukaku selamatkan muka MU dari Southampton

Romelu Lukaku (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Manchester United, Romelu Lukaku, mengemas dwigol untuk mengantarkan timnya menundukkan Southampton dengan skor 3-2 dalam laga pekan ke-29 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, Sabtu.

Lukaku melengkapi raihan dwigolnya tersebut hanya dua menit jelang waktu normal berakhir untuk memastikan kemenangan United, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Paul Pogba sebetulnya berpeluang untuk memperbesar kemenangan United ketika dipercaya menjadi algojo tendangan penalti pada masa injury time, namun eksekusinya mudah dijinakkan kiper Angus Gunn di tengah gawang.

Di sisi lain, kemenangan tersebut mungkin harus dibayar mahal oleh United yang kehilangan Alexis Sanchez pada menit ke-52 saat legiun Chile itu meninggalkan lapangan sembari meringis memegangi lututnya.

Pun demikian, kemenangan yang diraih mengantarkan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer naik ke peringkat keempat klasemen dengan raihan 58 poin, menggusur Arsenal (57) yang sekira dua jam sebelumnya bermain imbang 1-1 kontra Tottenham Hotspur (61).

Sedangkan posisi Southampton (27) masih terancam di bibir jurang degradasi dengan selisih hanya terpaut dua poin dari Cardiff City (25) yang menempati urutan ke-18.

Kendati tampil agresif sejak tendangan mula, dua peluang yang dimiliki United dalam lima menit awal pertandingan lewat Lukaku berhasil dimentahkan oleh Gunn.

Southampton malah mencuri keunggulan di hadapan publik Old Trafford pada menit ke-28 saat lewat tendangan spekulasi Yann Valery yang menerima umpan sodoran Charlie Austin.

David de Gea sempat menyentuh bola dengan tangannya, namun lajunya terlalu keras dan tak mampu dihentikan.

Tertinggal satu gol membuat United kian bernafsu membangun serangan namun dua peluang beruntun pada menit ke-32 dan ke-34 tak mampu dimanfaatkan menjadi gol.

United akhirnya bisa mencetak gol balasan pada menit ke-53 saat Pereira melepaskan tedangan melengkung yang tak mampu dijangkau Gunn demi mengubah skor menjadi 1-1.

Enam menit berselang, United berbalik memimpin 2-1 ketika Lukaku akhirnya bisa memanfaatkan peluang yang diperolehnya dengan tendangan rendah melengkung yang tak mungkin dihalau Gunn.

Namun pendukung tuan rumah kembali dibuat khawatir ketika Southampton berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-75 saat James Ward-Prowse mengeksekusi tendangan bebas dengan cantik melewati pagar hidup dan menaklukkan De Gea.

Publik Old Trafford akhirnya bersorak girang sembari lega saat Lukaku mencetak gol indah penentu kemenangan pada menit ke-88 lewat tendangan melengkung yang melewati halayan Maya Yoshida serta jangkauan Gunn.

Peluang Pogba untuk memperbesar kemenangan United berakhir dengan ironis ketika juara dunia itu melepaskan tendangan penalti yang terlalu lemah dan mudah dijinakkan oleh Gunn pada masa injury time.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Manchester United (4-3-3): David de Gea; Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Scott McTominay, Andreas Pereira (Fred), Paul Pogba; Marcus Rashford (Tahith Chong), Romelu Lukaku, Alexis Sanchez (Diogo Dalot)
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Southampton (3-5-2): Angus Gunn; Jan Bednarek, Maya Yoshida (Sam Gallagher), Jannik Vestergaard; Yann Valery, James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg, Ryan Bertrand; Nathan Redmond, Charlie Austin (Stuart Armstrong)
Pelatih: Ralph Hassenhuetl

Baca juga: Riyad Mahrez jadi pahlawan kemenangan City

Baca juga: Pochettino nilai timnya pantas menang saat lawan Arsenal