Masyarakat diminta waspada peningkatan potensi demam berdarah

id Masyarakat diminta waspada peningkatan potensi demam berdarah,DBD,DPRD,Aedes Aegypti

Masyarakat diminta waspada peningkatan potensi demam berdarah

Ilustrasi - Nyamuk Aedes Aegypti penular demam berdarah. (Foto ANTARA)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Rusdiansyah meminta masyarakat mewaspadai peningkatan potensi penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan nyamuk aedes aegypti, seiring munculnya genangan air di saat musim penghujan atau peralihan. 

"Saya hanya mengingatkan saja, dengan adanya musim hujan seperti sekarang ini masyarakat wajib mewaspadai virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti yang dapat membahayakan nyawa manusia," kata Rusdiansyah di Palangka Raya, Senin. 

Masyarakat diminta gencar membersihkan lingkungan di kompleks perumahannya masing-masing, seperti kebersihan selokan, genangan air yang ada di dalam kaleng serta lainnya. Langkah itu penting untuk pencegahan munculnya penyakit mematikan tersebut.

Apabila genangan air hujan di lingkungan rumah warga tidak dibersihkan, tidak menutup kemungkinan akan menjadi sarang nyamuk aedes aegypti yang bisa menularkan virus yang dibawa nyamuk tersebut terhadap penghuni rumah.

"Genangan air hujan yang tertampung, baik di kaleng maupun tempat lain, tentu bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti. Nyamuk tersebut berkembang biak dengan cepat dan gampang menyebar ke mana-mana apabila tidak cepat dibasmi," katanya. 

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Palangka Raya tersebut menambahkan, sudah seharusnya masyarakat gencar melakukan kegiatan bersih-bersih atau gotong royong lingkungan setiap minggu. 

Hal itu dilakukan untuk mencegah berkembang biak dan menyebarnya nyamuk demam berdarah. Dengan gotong royong membersihkan kompleks atau permukiman, tidak lain adalah cara hidup sehat bermasyarakat. 

"Kalau lingkungan bersih, saya yakin sudah pasti masyarakatnya akan terhindar dari penyakit serta lain sebagainya," tandas Rusdiansyah.