Bupati Nadalsyah lantik pengurus PKK dan GOW

id pelantikan pkk dan gow barito utara,bupati nadalsyah,pkk barito utara

Bupati Nadalsyah lantik pengurus PKK dan GOW

Bupati Barito Utara H Nadalsyah melantik tim penggerak PKK, Ketua dan pengurus GOW Barito Utara periode 2018-2023 di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Senin (4/3/19). (Ist)

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah melantik pengurus Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluraga (TP PKK), Ketua dan anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Barito Utara periode 2018-2023 di aula BappedaLitbang di Muara Teweh, Senin.

Bupati  Nadalsyah usai pelantikan mengatakan gerakan PKK pada hakekatnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif. Melalui gerakan PKK ini pula peran serta aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri.

"Oleh karena itu diperlukan kemampuan dan profesionalisme dalam pengelolaan gerakan PKK. Dihadapkan pada kenyataan seperti itu, maka gerakan PKK dituntut untuk menumbuh kembangkan sikap dan perilaku, kemandirian pribadi, keluarga dan masyarakat, agar tidak salah dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi dewasa ini," kata Nadalsyah.

Dikatakannya, tantangan yang dihadapi antara lain perkembangan sumber daya manusia, pergeseran tata nilai, pemanfaatan sumber daya alam, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan tatanan internasional dan penanganan manajemen pemerintahan dan pembangunan nasional yang dipengaruhi oleh berbagai faktor terkait.

"Saya berharap pengurus TP PKK periode 2018-2023 dapat melanjutkan dan menjadi motor penggerak terhadap peran dan fungsi kelembagaan, baik yang telah maupun yang belum dilaksanakan oleh pengurus TP PKK Barito Utara sebelumnya. Hal ini sangat penting, mengingat keberadaan PKK sebagai lembaga dapat membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan," katanya.

Lebih lanjut Nadalsyah mengatakan berkenaan dengan upaya untuk lebih meningkatkan eksistensi dan peran gerakan PKK, bupati Nadalsyah menyampaikan agar lebih memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan dari bawah dan bermanfaat bagi masyarakat terutama di wilayah perdesaan.

Kemudian katanya memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih memahami  keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Serta memberikan motivasi dan menggugah kesadaran masyarakat untuk mengetahui, memahami serta terlibat aktif dalam kegiatan PKK. Membangun citra positif gerakan PKK guna membangkitkan kepercayaan dari mitra kerja, baik pemerintah maupun stakeholders pembangunan lainnya," ujarnya.

Kegiatan pelantikan itu dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, unsur FKPD, Wakil Ketua I DPRD, Sekda H Jainal Abidin, asisten sekda, kepala perangkat daerah, Ketua dan pengurus TP PKK dan Ketua dan pengurus GOW Barito Utara, mewakili Ketua BKOW Provinsi Kalimantan Tengah  serta undangan lainnya.