Bupati Barsel lakukan Safari Nyepi di dua daerah ini

id Pemerintah kabupaten barito selatan,Safari nyepi,Hindu,Bupati barsel,Eddy raya samsuri,Bhinneka tunggal ika,Tri hita karana

Bupati Barsel lakukan Safari Nyepi di dua daerah ini

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri bersama Wakil Bupati, Satya Titiek Atyani Djoedir disambut acara adat saat menghadiri safari Nyepi di Desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara, Senin (4/3/2019). (Foto Antarakalteng / Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Bupati Barito Selatan Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri melaksanakan Safari Nyepi didua desa, yakni Desa Tarusan, Kecamatan Dusun Utara dan Desa Talio, Kecamatan Karau Kuala.

Ia menjelaskan, Nyepi memiliki makna penting bagi umat Hindu untuk menjalankan catur brata penyepian, sebagai bagian dari upaya pembersihan diri untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

"Umat Hindu harus memiliki semangat baru, jiwa yang damai sesuai nilai-nilai Tri Hita Karana," katanya saat menghadiri Safari Nyepi di Desa Tarusan dan Desa Talio, Senin.

Dalam Tri Hita Karana itu lanjut dia, diajarkan untuk mewujudkan dan menjaga keharmonisan sesama umat manusia, serta menjaga hubungan yang harmonis dengan alam semesta.

"Dalam Tri Hita Karana juga diajarkan Sradha Bhakti pada Tuhan dan diwujudkan dalam tindakan nyata untuk menjaga dan melestarikan alam disekitar," paparnya.

Masyarakat diharapkan bisa menjaga kelestarian alam dan persaudaraan dalam kehidupan majemuk yang beranekaragam, baik suku, agama, ras maupun antar golongan.

Eddy menjelaskan, perbedaan bukanlah penghalang untuk bersatu dan hidup dalam kebersamaan, saling menghormati, membantu serta membangun solidaritas sosial yang kokoh.

Perbedaan itu lanjut dia, tidak harus diseragamkan, tidak juga ditiadakan atau bahkan dihilangkan. Namun semuanya itu harus diikat oleh tali persaudaraan, kebersamaan dan persatuan dalam Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika, maka kita akan tetap bersatu dan maju bersama mencapai kesejahteraan dalam menyongsong masa depan yang gemilang," demikian Eddy.

Selain mempererat jalinan silaturahmi antara pemerintah kabupaten dengan masyarakat, juga bertujuan penjaringan aspirasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat secara rutin dan berkesinambungan.