Jumbara PMI Kotim jadi ajang meningkatkan motivasi relawan

id Jumbara PMI Kotim jadi ajang meningkatkan motivasi relawan,Palang Merah Indonesia,Wakil Bupati,Taufiq Mukri,Dinas Sosial Kalteng,Suhaemi

Jumbara PMI Kotim jadi ajang meningkatkan motivasi relawan

Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri dan Kepala Dinas Sosial Kalteng Suheami mengunjungi salah satu tenda peserta Jumbara PMI Kotim, Sabtu (9/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Ratusan relawan hadir memeriahkan kegiatan jumpa bakti gembira atau Jumbara dan Musyawarah Kabupaten Palang Merah Indonesia (PMI) Indonesia Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah yang digelar di halaman Stadion 29 November Sampit.

"Dengan adanya jumpa bakti gembira atau Jumbara PMR dan PMI ini kami berharap kegiatan ini bisa membangkitkan semangat para pemuda kita sehingga di hati mereka selalu bergelora untuk memberikan pelayanan dan memberikan sumbangsih serta baktinya Kepada seluruh masyarakat," kata Wakil Bupati HM Taufiq Mukri di Sampit, Sabtu.

Jumbara dan Muskab PMI Kabupaten Kotawaringin Timur dilaksanakan pada 7 sampai 10 Maret 2019. Tercatat sebanyak 516 relawan yang menjadi peserta. Mereka berasal dari sekolah yang meliputi tiga SD, 10 SMP dan 14 SMA sederajat.

Peserta tidak hanya berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Sampit, tetapi juga berasal dari sejumlah kecamatan, termasuk sekolah swasta. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan yang juga dihadiri Ketua PMI Kalimantan Tengah yang juga Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Suhaemi.

Peserta mendirikan puluhan tenda sebagai tempat mereka bermalam selama mengikuti kegiatan. Meski begitu, panitia menyiapkan fasilitas umum yang dibutuhkan, seperti tempat mandi, toilet mobile, ruang untuk beribadah dan lainnya.

Berbagai kegiatan yang digelar selama acara yaitu bakti sosial, perlombaan, diskusi, penyuluhan, pentas seni dan lainnya. Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi ratusan relawan untuk saling berbagi pengetahuan, sikap keterampilan dan menjalin persahabatan.

Jumbara diharapkan menjadi ajang bagi seluruh relawan mengevaluasi kelurangan yang terjadi selama ini. Kegiatan ini juga menjadi momen untuk menetapkan program yang akan dilaksanakan dan mengantisipasi kendalanya sehingga semua bisa berjalan dengan baik sesuai harapan.

"Kami berharap PMI dan PMR Kabupaten Kotawaringin Timur tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat sebaik mungkin. Kami bangga dan berterima kasih atas sumbangsih besar PMI Kotawaringin Timur kepada masyarakat selama ini, khususnya dalam bidang kemanusiaan," ucap Taufiq.

Selama ini pemerintah daerah sangat terbantu karena PMI selalu berpartisipasi, hampir dalam setiap kegiatan yang melibatkan banyak masyarakat, seperti arus mudik lebaran, olahraga massal dan lainnya. Relawan PMI Kotawaringin Timur dengan sigap membantu ketika ada masyarakat dalam kondisi darurat dan membutuhkan bantuan.

Pengurus PMI diminta tidak pernah surut dalam menjalankan kegiatan kemanusian serta mengajak dan merangkul generasi muda untuk turut aktif dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Selain sangat membantu masyarakat, kegiatan ini juga bermanfaat bagi diri relawan sendiri karena akan membentuk pribadi yang peduli terhadap sesama dan selalu siap membantu kesulitan orang lain.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar