Kotim tuan rumah Peda KTNA Kalteng, begini persiapannya

id Kotim tuan rumah Peda KTNA Kalteng, begini persiapannya,Dinas Pertanian,Made Dikantara,Sampit

Kotim tuan rumah Peda KTNA Kalteng, begini persiapannya

Kepala Dinas Pertanian Kotim I Made Dikantara (berkacamata) didampingi Kepala Desa Eka Bahurui Rusdiansyah. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Kabupaten Kotawaringin Timur siap menjadi tuan rumah Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Peda KTNA) XII Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang pada 7 hingga 14 Juli 2019.

"Tadi semua dibahas. Saat ini yang masih harus didorong adalah peningkatan jalan menuju lokasi acara. Jalannya fungsional, tapi diharapkan bisa diaspal karena nanti itu juga untuk kepentingan kelancaran jalan produksi pertanian warga desa setempat," kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara usai rapat persiapan Peda KTNA XII di Sampit, Selasa.

Berbagai permasalahan dibahas dalam rapat yang dipimpin Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur Wim RK Benung. Rapat juga dihadiri perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Tengah.

Made memperkirakan sekitar 3.000 peserta dan pendamping yang hadir pada acara yang  diikuti seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Berbagai kegiatan dilaksanakan seperti unjuk kemajuan teknologi pertanian, serangkaian lomba dan lainnya.

Berbagai persiapan terus dilakukan agar saat pelaksanaan nanti berjalan dengan baik. Beberapa kendala yang muncul diupayakan solusi bersama sehingga bisa diantisipasi.

Persiapan harus dilakukan secara matang karena sebagian besar peserta akan menginap di lokasi kegiatan. Fasilitas seperti toilet, tempat ibadah, penerangan, internet dan lainnya harus dipastikan tersedia agar tidak menjadi kendala bagi peserta.

Made mengharapkan, Kotawaringin Timur bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa melaksanakan Peda KTNA tersebut dengan lancar dan sukses. Kegiatan ini juga menjadi ajang persiapan bagi Kalimantan Tengah untuk menghadiri Pekan Nasional KTNA di Padang.

Made berharap ada kemajuan pertanian Kotawaringin Timur yang dipilih mewakili Kalimantan Tengah pada Pekan Nasional KTNA. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan berdampak positif terhadap masyarakat dan promosi wisata Kotawaringin Timur

"Terkait pendanaan, awalnya kami mintanya "sharing" tapi sepertinya pemerintah provinsi juga kesulitan sehingga sebagian besar dananya disiapkan oleh pemerintah kabupaten. Tapi tidak apa-apa. Kita ingin "multiplier effect" terhadap promosi daerah kita dan sektor pariwisata bahwa Kotawaringin Timur juga memiliki potensi agrowisata," jelas Made didampingi Kepala Desa Eka Bahurui Rusdiansyah.

Desa Eka Bahurui dipilih menjadi lokasi Peda KTNA XII Kalimantan Tengah karena desa ini cukup maju. Desa yang warganya sebagian besar merupakan petani tersebut pernah menjadi juara lomba desa tingkat nasional dan petaninya juga banyak yang berprestasi hingga ke tingkat nasional.