Barito Utara siap gelar STQ tingkat kabupaten

id stq barito utara 2019,lptq barito utara

Barito Utara siap gelar STQ tingkat kabupaten

Ketua Panitia STQ H Aspul Anwar (kanan) didampingi Ketua Umum LPTQ Muhlis ( kedua dari kanan) didampingi dan Ketua II Hj Mery Rukaini persiapan STQ tingkat kabupaten di Muara Teweh, Senin. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Barito Utara siap menggelar pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-50 tingkat kabupaten setempat yang diikuti sembilan kecamatan digelar 23-26 Maret 2019.

Rapat yang dipimpin Ketua Umum LPTQ Barito Utara Muhlis didampingi Ketua Panitia Penyelenggara H Aspul Anwar, Ketua II Hj Mery Rukaini dan dihadiri masing-masing bidang (seksi-seksi) kegiatan di gedung LPTQ Jalan Pramuka Muara Teweh, Senin.

Pada rapat kali ini disampaikan laporan serta RAB dari masing-masing bidang yang secara keseluruhan telah mempersiapkan segala hal baik dari administratif maupun dari hal teknis, diantaranya bidang dokumentasi dan publikasi, bidang perhakiman, bidang kesehatan, bidang perlengkapan, bidang akomodasi dan transportasi serta bidang musabaqah.

Ketua panitia penyelenggara STQ  H Aspul Anwar mengingatkan kepada semua bidang untuk dapat mempersiapkan segala hal dan juga RAB-nya dari sekarang untuk meminimalisi permasalahan yang ada. Ia juga menghimbau untuk selalu meningkatkan komunikasi dan koordinasi antar bidang demi kelancaran kegiatan nantinya.

Dalam rapat tersebut juga, salah satu yang menjadi fokus perhatian pihak panitia dalam pelaksanaan STQ nanti yakni pada hal kesehatan dan kualitas makanan yang akan disajikan kepada para kafilah.

Bidang konsumsi, melalui Hj Mery Rukaini meminta kepada bidang kesehatan untuk dapat menugaskan ahli gizi dalam mengontrol asupan konsumsi untuk seluruh kafilah. 

"Kita minta Dinas Kesehatan untuk dapat menugaskan ahli gizi untuk mengontrol makanan (gizi) sebelum dikonsumsi seluruh kafilah,” kata Mery yang juga menjabat Wakil Ketua I DPRD Barito Utara ini.  

Ketua Bidang Kesehatan H Siswandoyo  menyatakan akan menambah tim kesehatan baik untuk petugas di posko kesehatan maupun di tempat pemondokan kafilah. 

"Kami dari bidang kesehatan akan menambah petugas di pos kesehatan maupun tempat pemodokan kafilah," kata Siswandoyo yang juga Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara ini.

Sementara, pada bidang dokumentasi dan publikasi, M Iman Topik, mengatakan bahwa pihaknya telah mempersiapkan logo STQ ke-50 tahun 2019 dan akan menyurati kepada seluruh perangkat daerah, perbankan dan instansi vertikal untuk dapat memasang umbul-umbul dan spanduk demi memeriahkan dan menyemarakkan gema STQ ke-50 tingkat Kabupaten Barito Utara ini. 

"Untuk tema akan dikoordinasikan kembali baik kepada ketua umum maupun bidang lainnya," kata Iman Topik yang juga Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Barito Utara ini.