Belum semua surat suara pemilu tiba di Barsel

id Komisi pemilihan umum barito selatan,Kpu barsel,Surat suara,Pemilu serentak 2019,Pileg,Pilpres,PT Majapahit Bangun Persada,Polres,Bawaslu

Surat suara pemilu yang tiba di kantor KPU Barito Selatan sedang diturunkan dari truk untuk selanjutnya disimpan di aula kantor. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Penjemputan dua jenis surat suara itu, masih belum bisa kami pastikan
Buntok (ANTARA) - Sebagian surat suara pemilu tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah, pada Selasa (13/3) sekitar pukul 16.40 WIB, dengan pengawalan ketat Polres serta Satpol PP dan Pemadam Kebakaran setempat.

"Surat suara ini kami jemput dari gudang group PT Majapahit Bangun Persada di Banjarbaru Kalimantan Selatan, selaku penyedia jasa ekspedisi pengiriman surat suara tersebut," kata Ketua KPU Barsel, Bahruddin di Buntok, Selasa.

Berdasarkan tanda terima, surat suara yang pihaknya terima terdiri dari tiga jenis, yakni surat suara untuk pemilihan anggota DPR RI, DPRD Kalteng dan DPRD Barsel.

Untuk surat suara pemilihan anggota DPD RI serta presiden dan wakil presiden saat ini sedang dalam pengiriman dari Jakarta menuju Banjarmasin.

"Penjemputan dua jenis surat suara itu, masih belum bisa kami pastikan. Untuk itu pihaknya akan terus mengoordinasikan masalah itu," jelasnya.

Berdasarkan catatan dan penghitungan surat suara yang diterima untuk pemilihan anggota DPR RI sebanyak 194 koli dan surat suara pemilihan anggota DPRD Kalteng sebanyak 96 koli.

Sedangkan surat suara pemilihan anggota DPRD Barsel yang diterima untuk tiga daerah pemilihan (dapil), terdiri dari 82 koli surat suara untuk dapil satu, kemudian 56 koli surat suara untuk dapil dua serta 62 koli surat suara untuk dapil tiga.

"Dengan demikian total keseluruhan surat suara yang telah kami terima dan tiba di KPU Barsel sejauh ini sebanyak 590 Koli," papar Bahruddin.

Sementara itu berdasarkan catatan yang pihaknya terima, surat suara untuk pemilihan anggota DPD RI dalam manifes dari group PT Majapahit Bangun Persada yang akan diterima adalah sebanyak 194 Koli.

Kemudian untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 49 Koli, sehingga total surat suara yang belum pihaknya terima adalah sebanyak 243 koli.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk total surat suara yang diterima tersebut, masih belum diketahui jumlahnya karena surat suara yang diterima dalam bentuk koli.

"Setelah ini, kami akan segera menghitung jumlah surat suara dan sesuai dengan jadwal akan segera dilakukan sortir, lipat dan hitung," terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya akan melibatkan semua pihak, mulai dari Bawaslu, Polres dan lainnya. Ia menegaskan setiap tahapan akan dilaksanakan secara ketat sesuai dengan SOP yang ada.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar