KPU Kobar kerahkan 100 petugas melipat 907.148 lembar surat suara

id KPU Kobar kerahkan 100 petugas melipat 907.148 lembar surat suara,Pemilu,KPU,Sortir

Petugas yang direkrut KPU Kotawaringin Barat tengah sibuk menyortir dan melipat lembaran surat suara pemilu 2019 di halaman kantor KPU Kotawaringin Barat, Rabu (13/3/2019) (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, mengerahkan 100 petugas untuk menyortir dan melipat 907.148 lembar surat suara pemilu serentak 2019 untuk daerah setempat.

"Kami menargetkan selesai paling lama 10 hari, terhitung sejak Selasa (12/3) kemarin, makanya untuk dua hari pertama ini kami coba melaksanakan dari pukul 08.00 pagi sampai pukul 16.00 sore. Setelah itu kami evaluasi apakah memungkinkan target itu bisa selesai," ucap Ketua KPU Kotawaringin Barat Chaidir di Pangkalan Bun, Rabu.

Chaidir mengatakan, evaluasi dilakukan untuk memastikan penyortiran dan pelipatan surat suara selesai sesuai jadwal. Jika kemungkinan tidak selesai, maka untuk dua hari berikutnya akan dicoba menambah waktu penyortiran dan pelipatan hingga malam hari.

"Kemudian dievaluasi lagi, jika masih sulit untuk selesai tepat target, maka akan kembali merekrut warga untuk membantu pelipatan dan penyortiran," ucapnya.

Chaidir menambahkan, dari proses penyortiran di hari pertama ditemukan 72 lembar surat suara rusak. Nantinya total temuan surat suara yang rusak tersebut akan dilaporkan ke KPU pusat untuk diganti dengan lembaran surat suara yang baru sesuai dengan jumlah total yang dilaporkan.

Chaidir memastikan proses penyortiran dan pelipatan surat suara benar-benar dalam pengawasan ketat. Selain dijaga polisi, lokasi pelipatan juga terpasang pasang kamera tersembunyi atau CCTV.

Petugas penyortiran dan pelipatan surat suara hanya diperbolehkan membawa barang bawaan yang berhubungan dengan proses penyortiran dan pelipatan surat suara. Mereka wajib mengenakan kartu kendali dan kartu pengenal.

Ribuan lembar surat suara tersebut tiba di kantor KPU Kotawaringin Barat pada tanggal 7 Maret 2019  lalu. Surat suara tersebut diangkut menggunakan dua truk kountainer dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar