KPU Barsel mulai menyortir dan melipat surat suara

id KPU Barsel mulai menyortir dan melipat surat suara,Barito Selatan ,Pemilu,Buntok

Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengagendakan penyortiran,  penghitungan, pelipatan surat suara pada Kamis (14/3) hari ini.

Berdasarkan kesepakatan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kepolisian dan lain-lainnya, terlebih dahulu dilakukan pengecekan terhadap bungkus kotak surat suara yang fisik luarnya ada yang sobek, atau sempat terkena air ketika dalam perjalanan

"Hal itu untuk memastikan apakah kondisi surat suara di dalamnya, apakah mengalami kerusakan atau tidak, meskipun di dalamnya sudah dibungkus menggunakan plastik," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Bahruddin usai kegiatan sosialisasi PKPU Nomor 3, 4, dan 5 tahun 2019 di Buntok, Rabu.

Ia berharap tiga koli surat suara yang terkena air dan yang bungkusnya sobek saat dibawa dalam perjalanan dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan menuju Buntok, surat suaranya tidak rusak.

Surat suara tersebut dilakukan penjemputan dari gudang group PT Majapahit Bangun Persada di Banjarbaru, Kalimantan Selatan selaku penyedia jasa ekspedisi pengiriman, dan surat suara tersebut tiba di kantor KPU Barito Selatan pada Selasa (12/3).

Berdasarkan tanda terima, surat suara yang diterima ini ada tiga jenis surat suara yakni surat suara untuk pemilihan anggota DPR-RI, surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi, dan surat suara pemilihan anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan.

"Berdasarkan catatan dan penghitungan surat suara yang diterima KPU Barito Selatan untuk pemilihan anggota DPR-RI sebanyak 194 koli dan surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi Kalteng sebanyak 96 koli," jelas Bahruddin.

Sedangkan surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Barito Selatan yang diterima untuk tiga daerah pemilihan (dapil) yang terdiri dari 82 koli surat suara untuk dapil Barsel 1, kemudian 56 koli surat suara untuk dapil Barsel 2, dan 62 koli surat suara untuk dapil Barsel 3.

Dengan demikian total keseluruhan surat suara yang telah diterima, dan telah tiba di KPU Barito Selatan ini sebanyak 590 Koli.

Berdasarkan informasi dari KPU Barito Selatan, surat suara untuk pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, saat ini sedang dalam pengiriman dari Jakarta menuju ke Banjarmasin.

"Untuk penjemputan dua jenis surat suara itu masih belum bisa kita dipastikan, akan tetapi kita akan terus berkoordinasi dengan pihak ekspedisi agar bisa dilakukan penjemputan kembali surat suara tersebut nantinya," kata Bahruddin.

Meskipun demikian, surat suara untuk pemilihan anggota DPD-RI dalam manifes dari group PT Majapahit Bangun Persada yang akan diterima nantinya sebanyak 194 koli, sedangkan untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 49 koli sehingga total surat suara yang belum diterima sebanyak 243 koli.


Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar