KPU Bartim sortir surat suara Pemilu 2019

id kabupaten barito timur,bartim,ketua kpu bartim,surat suara pemilu 2019,Andy Amyano Gandrung

Surat suara yang diterima KPU Bartim sebanyak 478 koli mulai dilakukan penyortiran dan pelipatan oleh staf sekretariat KPU setempat di Tamiang Layang di Tamiang Layang, Jumat (15/3/19). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Surat suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah sebanyak 478 koli mulai dibuka untuk dilakukan penyortiran dan pelipatan. 

Ketua KPU Barito Timur Andy Amyano Gandrung mengatakan, penyortiran surat suara memerlukan waktu sekitar tiga pekan atau 21 hari kalender. Dalam satu koli maksimal berisikan 500 lembar surat suara. 

"Penyortiran dan pelipatan memerlukan waktu sekitar tiga pekan atau 21 hari kalender. Hal ini sesuai estimasi waktu surat suara masuk seluruhnya," kata Andy di Tamiang Layang, Jum'at.

Menurutnya dalam penyortiran dan pelipatan akan melibatkan seluruh pegawai lingkup sekretariat KPU Barito Timur, serta memungkinkan juga akan melibatkan pihak luar dengan syarat bukan anggota partai politik.

Andi mengatakan surat suara yang dilakukan penyortiran dan pelipatan yang pertama yakni surat suara untuk pemilihan DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalteng sebanyak 157 koli.

"Untuk surat suara pemilihan anggota DPRD Provinsi Kalteng dapil empat akan disortir dan dilipat setelah selesai penyortiran dan pelipatan surat suara DPR RI tersebut," beber dia.

Setelahnya, lanjut dia, menyusul 164 koli surat suara pemilihan DPRD Barito Timur yamg terdiri dari surat suara dapil satu sebanyak 57 koli, dapil dua sebanyak  koli dan dapil tiga sebanyak 68 koli. 

Baca juga: Pengguna media sosial rawan langgar UU ITE

Dalam pemilu tahun ini, Kabupaten Barito Timur termasuk dapil Kalteng empat yang bersamaan dengan Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara dan Murung Raya. Sedangkan Pileg DPRD Bartio Timur terbagi menjadi tiga dapil.

Dapil satu meliputi Kecamatan Dusun Timur, Benua Lima dan Patangkep Tutui. Dapil dua meliputi Kecamatan Paju Epat, Karusen Janang, Paku dan Awang. Sedangkan dapil tiga meliputi Kecamatan Dusun Tengah, Pematang Karau dan Raren Batuah.

Sedangkan pemilih di Kabupaten Barito Timur berjumlah 76.481 jiwa dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 38.708 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 37.773 jiwa dengan sebaran 387 TPS pada 101 desa dan tiga kelurahan.

Penyortiran dan pelipatan surat suara dikawal ketat aparat kepolisian, sekretariat dan komisioner KPU setempat. Tiap selesai penyortiran dan pelipatan akan dilakukan pendataan surat suara yang baik dan rusak.

Kapolres Barito Timur AKBP Zulhan Effendy mengakui ada beberapa TPS yang dinilai rawan. Salah satunya TPS di Desa Dambung Kecamatan Dusun Tengah yang berbatasan secara langsung dengan Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalsel.

"TPS di dambung akan dikawal dua polisi dibanyu aparat TNI dan anggota linmas," kata Zulham singkat.

Menurut alumni taruna akpol tahun 2000 itu, Desa Dambung yang memiliki 136 pemilih itu masuk kategori rawan karena kondisi geografis menuju lokasi.

"Kita akan menjamin bahwa pemilihan di Desa Dambung berjalan aman dan kondusif," demikian Zulham.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar