KONI Kotim programkan peningkatan prestasi atlet jangka panjang

id KONI Kotim programkan peningkatan prestasi atlet jangka panjang,Olahraga,Kotawaringin Timur,Sampit,Achyar Umar

KONI Kotim programkan peningkatan prestasi atlet jangka panjang

Pengurus KONI Kotim menggelar rapat perdana dengan pengurus cabang olahraga dan koordinator olahraga kecamatan, Kamis (14/3/2019) malam. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, akan memfokuskan program pembinaan atlet untuk peningkatan prestasi jangka panjang.

"Kami tidak ingin mengejar prestasi dengan menyewa atlet luar daerah. Kami ingin membina atlet daerah sendiri dengan pembinaan yang baik sehingga mampu meraih prestasi menggembirakan," kata Ketua Umum KONI Kotawaringin Timur, H Achyar Umar di Sampit, Jumat.

Prestasi olahraga Kotawaringin Timur terus mengalami peningkatan yang menggembirakan. Saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018 di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, kontingen Kotawaringin Timur berhasil meraih peringkat ketiga.

Pemerintah daerah dan KONI Kotawaringin Timur bangga karena prestasi saat Porprov lalu diraih dengan mengandalkan 100 persen atlet lokal. Capaian itu membuktikan bahwa atlet di Kotawaringin Timur memiliki potensi besar dalam meraih prestasi, tanpa perlu menyewa atlet dari luar daerah.

Seperti keyakinan pemerintah daerah, KONI Kotawaringin Timur juga optimistis prestasi olahraga daerah ini akan kembali pada masa kejayaannya seperti dulu, yakni menjadi barometer prestasi olahraga di Kalimantan Tengah.

Tekad ini yang akan dijalankan KONI Kotawaringin Timur dalam pembinaan dan peningkatan prestasi. KONI siap membantu mengirim atlet lokal usia dini untuk menimba ilmu olahraga di daerah lain agar kemampuannya terus meningkat sehingga nantinya mampu mempersembahkan prestasi membanggakan daerah.

"Kita upayakan sekolahkan mereka di Jawa sesuai cabang olahraganya. Masalah kebutuhannya, nanti kita bicarakan bersama-sama. Melalui program jangka panjang ini, kita harapkan akan lahir atlet daerah kita yang mampu menorehkan prestasi hingga ke tingkat internasional," harap Achyar.

Achyar mempersilakan orangtua mendaftarkan anaknya untuk program pembinaan ini. Syaratnya, tentu ada prestasi yang sudah diraih, serta orangtua dan sang anak harus siap menjalani program tersebut di luar daerah.

"Untuk melihat prestasinya bisa dilihat dari ajang seperti O2SN, Pekan Olahraga pelajar dan turnamen kelas remaja yang diselenggarakan oleh cabang olahraga," tambah Achyar.

Sementara itu, pengurus KONI Kotawaringin Timur yang baru dilantik pada 5 Maret lalu, menggelar rapat perdana dengan seluruh pengurus cabang olahraga dan koordinator olahraga kecamatan pada Kamis (14/3) malam. Rapat yang dilaksanakan di aula Kecamatan Mentawa Baru Ketapang itu sebagai ajang konsolidasi dan membahas program kerja.

Selain program pembinaan dan peningkatan prestasi, masalah yang dibahas adalah kesiapan Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov XII Kalimantan Tengah pada 2022 mendatang.

Ketua Umum KONI Provinsi Kalimantan Tengah Aries Marcorius Narang menyatakan dukungan penuh agar Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov XII Kalimantan Tengah pada 2022 karena dinilai sudah memiliki fasilitas yang lebih memadai dibanding daerah lain.