Jelang pemilu, masyarakat Gumas diminta berpartisipasi jaga kamtibmas

id Dprd kabupaten gunung mas,Kpu,Bawaslu,Kondusifitas,Kamtibmas,Gumer

​​​​​​​(Dari kiri) Ketua DPRD Gumas Gumer, Kapolres Gumas AKBP Yudi Yuliadin, Bupati Gumas Arton S Dohong, Pabung Kodim 1016/PLK Mayor Inf Catur Prasetyo Nugroho dan Ketua KPU Gumas Stepenson saat melihat hasil penyortiran surat suara di kantor KPU setempat, Jumat, (15/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah, Gumer meminta masyarakat berperan secara aktif serta ambil bagian dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) agar tetap kondusif.

“Masyarakat juga harus berperan secara aktif menjaga keamanan di lingkungan sekitarnya, khususnya menjelang pelaksanaan pemilu 2019,” kata Gumer di Kuala Kurun, Sabtu.

Salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat agar kamtibmas tetap terjaga, yakni dengan turut memerangi informasi palsu atau hoaks. Menurutnya, hoaks sangat berbahaya dan dapat merusak suasana kamtibmas.

Oleh sebab itu, wakil rakyat yang berasal dari daerah pemilihan tiga, yaitu Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu ini berpesan, agar masyarakat menyaring terlebih dulu setiap informasi yang beredar di media sosial.

“Harus selektif dan waspada, jangan sembarangan menyebarkan berita di media sosial. Pastikan sumbernya dapat dipercaya,” pesan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut.

Disamping itu, ia mengingatkan masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019. Nantinya, satu suara akan sangat menentukan masa depan bangsa dan negara.

Gumer juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gumas, kepolisian dan pihak terkait lainnya yang telah mengawasi dengan sungguh-sungguh pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara.

“Proses penyortiran dan pelipatan surat suara sudah berjalan dengan baik, termasuk pengawasannya. Kami optimis ini dapat berjalan lancar dan nantinya saat pendistribusian logistik juga tidak ada kendala,” tuturnya.

Kapolres Gumas, AKBP Yudi Yuliadin menyampaikan secara umum pihaknya siap menjaga wilayah setempat agar tetap aman, serta mengantisipasi munculnya konflik saat pelaksanaan pemilu serentak 2019.

“Saat ini situasi kamtibmas di Gumas relatif kondusif. Saya ajak seluruh pihak untuk bersinergi menjaga suasana kamtibmas agar selalu kondusif,” demikian Yudi.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar