Kepedulian pengembangan budaya harus lebih ditingkatkan

id dprd palangka raya,kepedulian pengembangan budaya,Kepedulian pengembangan budaya harus lebih ditingkatkan pemerintah

Kepedulian pengembangan budaya harus lebih ditingkatkan

Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kota Palangka Raya,Kalimantan Tengah, Ida Ayu Nia Angraini meminta pemerintah kota setempat meningkatkan kepedulian terhadap pengembangan seni dan budaya.

"Pemerintah daerah harus lebih peduli lagi untuk melirik pengembangan seni dan budaya. Karena bila mampu digali dan dikembangkan dalam berbagai sisi dapat menjadi obyek dalam peningkatan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Ida di Palangka Raya, Minggu.

Menurut dia, diantara upaya yang dapat dilakukan seperti membuat acara pentas seni atau lomba seni budaya yang dilaksanakan secara rutin.

Acara seni budaya itu, juga jangan berskala lokal melainkan kalau bisa tingkat provinsi, maupun regional Kalimantan bahkan sampai tingkat nasional.

"Salah satu yang pernah dilaksanakan seperti pergelaran Kemah Budaya Nasional (KBN) 2017. Jika acara seperti itu dilaksanakan rutin maka berbagai seni dan budaya kita akan semakin dikenal yang imbasnya bisa meningkatkan PAD melalui kunjungan wisata," kata Ida.

Politisi Gerindra itu pun meminta pemerintah kota semakin kreatif dan inovatif menciptakan pergelaran seni dan budaya sehingga dapat membangkitkan semangat generasi muda mencintai warisan leluhurnya.

Sebelumnya, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengajak seluruh elemen masyarakat di kota setempat melestarikan budaya Suku Dayak yang merupakan warisan asli leluhur.

"Budaya Dayak terus dilestarikan. Seluruh elemen masyarakat harus memiliki tanggung jawab agar terus menjaga budayanya. Saya pun yakin seluruh pihak berkomitmen untuk hal tersebut," katanya.

Melalui budaya asli daerah yang tetap terjaga dan terpelihara diharapkan mampu berimbas pada semakin majunya sektor pariwisata di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah itu.

"Saya berkeinginan agar seluruh pihak bisa menjaga komitmen dalam melestarikan budaya dan adat istiadat asli Kalteng, khususnya di seluruh Kota Palangka Raya," ujarnya.