Barito Utara rakor persiapan pelaksanaan Pemilu 2019

id rakor persiapan pemilu di barito utara,pemilu 2019,wakl bupati sugianto p putra

Barito Utara rakor persiapan pelaksanaan Pemilu 2019

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto P Putra (keempat dari kiri) dan Sekda Jainal Abidin (keempat dari kanan) foto bersama pejabat terkait usai membuka rakor persiapan Pemilu 2019 di Muara Teweh, Senin (18/3/19). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik setempat menggelar rapat koordinasi  persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 dengan tema "Sukseskan Pemilu Presiden, Wakil Presiden dan Legislatif secara serentak 2019 di Kabupaten Barito Utara".

"Rapat koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui progres dan kesiapan dari tahapan-tahapan pemilu yang sudah dan akan dilaksanakan serta membangun sinergitas dengan stakeholder lainnya, dan juga sebagai salah satu bentuk dukungan serta upaya untuk menjaga kondusifitas daerah dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan pemilu serentak  17 April 2019 di daerah ini," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutannya dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra di Muara Teweh, Senin.

Melalui kegiatan ini, kata dia, diharapkan kepada kita semua untuk dapat meningkatkan peran dan fungsi kinerja kita dalam memelihara keamanan dan ketertiban agar tercipta keadaan Kabupaten Barito Utara yang damai, aman dan kondusif.

"Secara teknis katanya lagi, pelaksanaan pemilu, yang bertanggung jawab secara formal adalah penyelenggara pemilu yaitu KPU dan Bawaslu. Namun pemerintah daerah juga mempunyai fungsi fasilitator untuk mendukung penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Sugianto.

Diantaranya adalah penyelenggaraan sosialisasi, pendidikan politik dan monitoring evaluasi berbagai situasi politik serta melaporkannya secara berjenjang kepada pemerintah pusat dan yang tidak kalah pentingnya adalah saling berkoordinasi dengan semua instansi dan unsur lainnya, seperti PT Telkom dan BMKG yang mana sesuai peran dan fungsinya juga mendukung Pemkab Barito Utara guna mensukseskan pemilu presiden/wakil presiden dan legislatif tahun 2019 sehingga dapat berjalan lancar, aman dan tertib.

Lebih lanjut dikatakannya, persoalan-persoalan yang muncul akhir-akhir ini adalah adanya bahaya disintegrasi yang disebabkan praktek money politik, ujaran kebencian, berita hoax dan isu sara yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Berbagai gejala ini dianggap sangat meresahkan dan merusak budaya demokrasi yang selama ini telah berkembang dengan baik di indonesia. 

"Oleh karena itu, melalui moment ini saya sangat mengharapkan dan menghimbau agar jangan mudah terpancing berbagai berita maupun isu-isu yang tidak jelas, hendaknya kita semua dapat menyaring berbagai informasi yang masuk secara bijaksana jangan justru kita ikut-ikut untuk menyebarkan berita-berita yang tidak jelas," kata Wabup Sugianto