Lagi, Pemkab Kapuas berikan bantuan pada petani ikan dan nelayan

id Pemkab Kapuas berikan bantuan pada petani ikan dan nelayan,Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan , bantuan pada petani ikan dan nelayan

Lagi, Pemkab Kapuas berikan bantuan pada petani ikan dan nelayan

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat (kiri) saat menyerahkan bantuan kepada kelompok masyarakat setempat. (Ist)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan setempat, kembali berencana akan memberikan bantuan kepada sejumlah kelompok masyarakat petani ikan dan nelayan yang ada di daerah itu pada 2019.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Ir. Darmawan di Kuala Kapuas, Rabu mengatakan, bahwa untuk tahun ini bantuan yang akan disalurkan kepada sejumlah kelompok masyarakat berupa, benih, pakan, ikan, perahu berserta mesin penggerak dan alat tangkap ikan ramah lingkungan.

"Rencana lokasi bantuan tersebut akan kita serahkan di daerah Kecamatan Selat, Kecamatan Dadahup, Mantangai, Kapuas Kuala, Kapuas Hilir, Kapuas Murung, Bataguh, Basarang, Timpah dan Kapuas Hulu," kata Darmawan.

Bantuan itu diberikan, dalam rangka pemberdayaan masyarakat dibidang perikanan dan kelautan. Dengan tujuan pemberdayaan masyarakat petani ikan maupun nelayan menjadi pembudidaya ikan dan nelayan penangkap yang produktif.
Sejumlah bantuan perahu beserta alat penggeraknya yang telah diserahkan Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas pada tahun 2018 lalu, kepada kelompok masyarakat setempat.(Ist)

Adapun untuk Kecamatan Selat sendiri, kata dia, lokasinya di Kelurahan Selat Dalam dan Kelurahan Panamas, bantuan berupa budidaya patin di kolam, parahu beserta alat tangkap ramah lingkungan dan Kecamatan Dadahup di Desa Dadahup bantuan berupa perahu beserta alat tangkap.

Kemudian, untuk Kecamatan Mantangai di Desa Manusup, Tumbang Muroi, Lapetan dan Desa Tumbang Mangkutup, bantuan berupa budidaya perikanan, perahu beserta alat tangkap ramah lingkungan. 

Sedangkan untuk enam kecamatan seperti, Kecamatan Kapuas Kuala, di Desa Barangau, Kecamatan Kapuas Hilir di Desa Saka Batur, Kecamatan Kapuas Murung di Desa Palingkau Lama, Kecamatan Bataguh di Desa Terusan Raya Hulu, Kecamatan Basarang Desa Pangkalan Rekan dan Kecamatan Timpah di Desa Aruk, diberikan bantuan perahu mesin beserta alat tangkap ikan.

"Sementara untuk Kecamatan Kapuas Hulu di Desa Jakatan Pari, rencana kita akan memberikan bantuan budidaya perikanan kepada kelompok masyarakat di Desa itu,"ujarnya.

Pihaknya juga menambahkan sejumlah bantuan yang diserahkan kepada kelompok masyarakat ini yang diberikan oleh pemerintah, diharapkan dapat berguna dan bermanfaat bagi masyarakat dalam menunjang perekonomian masyarakat setempat dalam pemberdayaan baik dibidang perikanan maupun kelautan.

"Kita harapkan kepada masyarakat yang menerima ini dapat dijaga, dirawat dan dimanfaatkan bantuan ini dengan baik, supaya apa yang menjadi harapan maupun tujuan kita bersama dapat tercapai," demikian Darmawan.