DPRD Kalteng cek perkembangan proyek pemprov di dapil IV

id dprd kalimantan tengah,dprd kalteng,agus susilasani,wakil ketua komisi d dprd kalteng,dapil IV kalteng

DPRD Kalteng cek perkembangan proyek pemprov di dapil IV

Anggota DPRD Kalteng Hj Agus Susilasani. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Kalangan DPRD Kalimantan Tengah berencana melakukan pengecekan terhadap sejumlah proyek pemerintah provinsi yang ada di daerah pemilihan IV meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya.

Proyek infrastruktur Pemprov untuk tahun 2019 di dapil IV relatif banyak, sehingga perlu dilakukan pengecekan sudah sejauh mana pengerjaannya, kata Anggota DPRD Kalteng Agus Susilasani di Palangka Raya, Rabu.

"Proyek multiyears di Kabupaten Barito Utara ada di km34 sampai Benangin dengan anggaran sebesar Rp49 miliar, dan proyek reguler ada sekitar Rp20 miliar," ucapnya.

Selain itu, proyek multiyears Pemprov Kalteng ada Kabupaten Barito Timur, tepatnya di Hayaping-Bentot dengan anggaran Rp47 miliar. Proyek reguler Pemprov Kalteng juga ada di kabupaten lainnya.

Susilasani mengatakan pengerjaan proyek multiyears seharusnya sudah selesai sekitar 40 persen dari yang direncanakan. Untuk memastikan apakah sudah sesuai realisasinya, maka perlu dilakukan pemantauan secara langsung ke lokasi.

"Kontraktor yang mendapatkan proyek multiyears kan tentunya memiliki kemampuan finansial, sehingga tidak perlu menunggu dana turun dari Pemerintah. Jadi, di tahun 2019 ini pengerjaannya harus diatas 40 persen," beber dia.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Kalteng itu menyebut, kriteria kontraktor yang bisa mendapatkan proyek multiyears pemerintah adalah sumber daya manusia harus baik, memiliki kemampuan finansial, peralatan memadai dan lengkap, serta manajemen sangat baik.

Baca juga: Dugaan pencemaran Danau Sembuluh masih perlu ditindaklanjuti, kata Legislator Kalteng

Dia mengatakan sejumlah proyek infrastruktur yang telah diprogramkan Pemprov bersama DPRD Kalteng memang kondisinya relatif kurang baik. Ditambah lagi memiliki fungsi dalam membantu peningkatan hasil produksi pertanian.

"Jadi, kami dari Komisi D DPRD Kalteng telah membagi beberapa tim, untuk melakukan pengecekan terhadap sejumlah proyek infrastruktur yang telah diprogramkan pemprov di tahun 2019," demikian Agus Susilasani.

Baca juga: Penerapan teknologi di sektor pendidikan Kalteng harus dioptimalkan