Wabup Barito Timur minta Kepala OPD selaraskan program pembangunan

id kabupaten barito timur,bartim,wabup bartim,Habib Said Abdul Saleh

Wabup Barito Timur minta Kepala OPD selaraskan program pembangunan

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh memberikan arahan pada acara Forum Gabungan Perangkat Daerah 2019 di aula Bappeda di Tamiang Layang, Rabu. (Foto Pemkab Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Habib Said Abdul Saleh meminta seluruh kepala organisasi perangkat daerah setempat menyelaraskan program pembangunan yang dibuat dengan Visi Misi Pemerintah Kabupaten periode 2018-2023.

"Hal ini untuk mempercepat pembangunan di Kabupaten Barito Timur," kata pria yang akrab dipanggil Saleh itu pada saat mmimpin upacara Forum Gabungan Perangkat Daerah 2019 di aula Bappeda di Tamiang Layang, Rabu.

Pembangunan di Barito Timur perlu dikawal oleh semua instansi perangkat daerah dalam program masing-masing dengan memperhatikan secara seksama usulan dan kepentingan pengalokasian anggaran.

Usulan program dan kegiatan bisa dirumuskan melalui forum sesuai prioritas, akomodatif serta kebutuhan masyarakat serta kondisi anggaran daerah.

"Forum merupakan sebuah wahana pemangku kepentingan dalam perwujudan pembangunan dari partsipasi perencanaan," kata Saleh.

Baca juga: Sudah divonis penjara 10 tahun, oknum ketua RT kembali dituntut 10 tahun

Forum juga bertujuan sebagai wadah untuk membahas dan konsolidasi program supaya disesuaikan dengan rencana kerja berdasarkan hasil musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan (Musrenbangcam).

Selain itu, forum guna mempertajam indikator target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

"Program yang kita susun melalui forum gabungan ini untuk menyelaraskan program antar perangkat daerah, lintas perangkat daerah dan lintas wilayah sesuai dengan kewenangannya. Ini tanggungjawab kita sebagai orang pemerintahan, masyarakat dan swasta serta anggota dewan," kata Saleh.

Saleh mengingatkan bahwa tema pembangunan yang diusung yakni Pemerataan pembangunan di segala bidang untuk kesejahteraan masyarakat Barito Timur.

Untuk itu, diperlukan sejumlah faktor penguat seperti kualitas SDM, akses jalan dan jembatan serta peningkatan perekonomian makro dan mikro yang baik untuk mampu menciptakan peluang investasi dan cepat mengurangi pengangguran.

"Program yang disepakati nanti diharapkan mencerminkan setiap alokasi anggaran perangkat daerah serta memberikan manfaat dengan tujuan mensejahterakan masyarakat," Demikian Saleh.

Baca juga: Masyarakat diminta tak jadi penghambat program listrik masuk desa