Jumlah DPTb Pemilu Barito Selatan sebanyak 417 Pemilih

id Jumlah DPTb Pemilu Barito Selatan sebanyak 417 Pemilih,Ketua KPU Barito SelatanBahruddin

Jumlah DPTb Pemilu Barito Selatan sebanyak 417 Pemilih

Rapat Pleno rekapitulasi terbuka penetapan Daftar Pemilih Tambahan tahap kedua yang berlangsung di aula Bappeda Barito Selatan yang dihadiri sejumlah perwakilan dari Parpol di wilayah setempat, Rabu (20/3/2019). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Jumlah daftar pemilih tambahan (DPTb) di Barito Selatan Kalimantan Tengah untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebanyak 417 orang pemilih.

"Jumlah DPTb tersebut terdiri dari yang masuk mengurus di daerah asal sebanyak 30 orang, dan yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 387 pemilih," kata Ketua KPU Barito Selatan Bahruddin usai rapat pleno rekapitulasi terbuka penetapan Daftar Pemilih Tambahan tahap kedua, di Buntok, Rabu.

Ia mengatakan, jumlah ini merupakan akumulasi dari jumlah DPTb yang telah ditetapkan dalam rapat pleno yang telah dilaksanakan pada 17 Februari 2019 yang lalu.

Sedangkan jumlah DBTb yang keluar sebanyak 674 orang pemilih yang terdiri dari pemilih yang mengurus pindah memilih dari daerah asalnya sebanyak 28 orang, dan DPTb yang mengurus pindah memilih di daerah tujuan sebanyak 646 pemilih.

Pemilih yang masuk ini lanjut dia, bukan berarti hanya pemilih yang masuk dari luar Barito Selatan, tapi pemilih masuk dalam artian bahwa pemilih yang pindah dari desa lain dalam kecamatan yang sama, dari kecamatan lain, dari Daerah Pemilihan (Dapil) lain, dari kabupaten lain dan dari propinsi lain kedalam wilayah kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

Demikian halnya dengan pemilih yang keluar tidak semuanya keluar dari Kabupaten Barito Selatan karena bisa jadi hanya pindah antar desa dalam kecamatan yang sama,  pindah ke kecamatan lain, pindah ke Daerah Pemilihan (Dapil) lain, pindah ke kabupaten lain dan pindah ke propinsi lain dari wilayah kerja Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan tahap 2 di Barito Selatan sebanyak 94.992 orang pemilih yang sudah ditetapkan beberapa waktu yang lalu.

"Jumlah tersebut tersebar di 414 tempat pemungutan suara (TPS) di 93 Desa/Kelurahan dienam kecamatan di Barito Selatan ini," demikian Bahruddin.

Acara rapat pleno rekapitulasi terbuka penetapan Daftar Pemilih Tambahan tahap kedua tersebut dihadiri sejumlah perwakilan dari Partai Politik (Parpol) di wilayah setempat.